Sukses

Lifestyle

Tak Lagi Akrab, 5 Alasan Saudara Kandung Berubah bagai Orang Asing setelah Menikah

Fimela.com, Jakarta Memiliki kakak atau adik dalam keluarga memberi warna sendiri dalam hidup. Menghabiskan masa kecil dengan dikelilingi saudara-saudara kandung jelas memberikan kenangan dan memori yang tak akan pernah terlupakan. Kedekatan dan keakraban kakak adik pun menjadi sesuatu yang sangat istimewa.

Hanya saja seiring waktu berjalan, usia semakin bertambah. Hingga kemudian masing-masing dari kita mulai membuat pilihan-pilihan besar dalam hidup. Salah satunya adalah pilihan terkait pernikahan. Saat saudara kita memutuskan untuk menikah, maka ada sejumlah hal yang tak lagi sama. Bahkan pada beberapa kasus, saudara kandung bisa jadi sosok yang terasa begitu asing setelah ia menikah. 

1. Perubahan Prioritas Membuat Perubahan dalam Sikap

Kakak yang dulu selalu memperhatikan kita kini punya prioritas baru. Dia punya pasangan yang butuh perhatian. Sehingga dia tak lagi bisa memberikan perhatian sebesar  yang pernah ia berikan dulu kepada kita sebelum ia menikah. Ada perubahan prioritas dalam hidupnya, sehingga sikapnya pun ikut berubah seiring perubahan prioritas itu.

2. Ada Lebih Banyak Hati dan Perasaan yang Harus Dijaga

Saat seseorang menikah, maka ada hati yang harus dijaga. Selain hati pasangan, juga ada perasaan keluarga dari pihak pasangan yang perlu dijaga. Ada lebih banyak hati yang harus dijaga. Perhatian dan cinta pun terbagi-bagi. Kalau dulu mungkin kamu dan saudaramu bisa selalu punya waktu untuk jalan-jalan setiap hari libur, kini saudaramu harus menimbang-nimbang lebih banyak hal sebelum bepergian denganmu.

3. Cinta yang Baru Bisa Membutuhkan Lebih Banyak Ruang

Cinta terhadap pasangan bisa berbeda dengan cinta terhadap saudara kandung. Saat seseorang memiliki pasangan bahkan menikah, maka ruang di hatinya akan mengalami berbagai penyesuaian serta pergeseran. Saudara kita mungkin akan seperti orang asing di mata kita karena di hatinya kini ada cinta yang baru. Bila dulu adik kita selalu bermanja-manja dengan kita, kini karena sudah punya pasangan maka ia pun harus menyesuaikan dirinya. Cinta yang barus bisa membuat seseorang memiliki sikap-sikap yang berbeda dari sebelumnya.

4. Pada Dasarnya Setiap Orang Bisa Berubah di Luar Dugaan Kita

Tak terkecuali pada saudara kandung sendiri. Terhadap saudara atau keluarga sendiri, kadang ada hal-hal yang tak kita pahami. Pada dasarnya memang setiap orang bisa berubah. Serta setiap orang bisa membuat keputusan sendiri dalam hidupnya. Apalagi saat usia sudah bertambah dan makin dewasa, maka akan ada lebih banyak perubahan yang terjadi mengiringi setiap keputusan besar yang dibuat.

5. Sudah Memiliki Jalan Hidup yang Berbeda

Saudara kita sudah lebih fokus membangun dan menjaga keluarga barunya. Jalan hidupnya sudah berbeda. Hubungan darah kakak adik memang tak bisa tergantikan. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa ketika seseorang sudah menikah maka hidup akan mengalami penyesuaian yang baru. Saudara kita mungkin tampak seperti orang asing setelah menikah karena memang jalan hidupnya tak lagi sama dengan kita. 

Satu lagi yang kadang membuat hubungan jadi renggang adalah karena masalah komunikasi. Adik kakak tidak meluangkan waktu terlebih dahulu untuk membahas rencana pernikahan yang akan berlangsung. Tidak adanya komunikasi untuk "meminta dan memberi izin" atas sebuah pernikahan bisa menciptakan luka tersendiri dalam sebuah hubungan kakak adik. 

Kedekatan dan keakraban dengan saudara mungkin akan berbeda seiring bertambahnya usia. Tak apa. Yang penting tetap jaga hubungan baik dan tetap saling mendoakan kebahagiana masing-masing. 

#ChangeMaker

;
Loading