Sukses

Lifestyle

Tak Sempurna Tak Apa, 5 Tipe Perempuan yang Mudah Bahagia

Fimela.com, Jakarta Hidup memang tak selalu mudah dijalani. Selalu ada ujian hidup dan masalah yang datang silih berganti. Bahkan ada banyak hal yang tak sempurna dalam hari-hari yang kita lewati. Realita pun bisa jauh dari harapan yang pernah kita bayangkan.

Setiap individu bertanggung jawab atas kebahagiaan diri sendiri. Untuk bisa bahagia, maka penting bagi kita untuk pertama-tama memilih kebahagiaan untuk diri kita. Tak apa tak sempurna. Tak apa ada harapan dan impian yang tak terwujud. Kita masih bisa bahagia dengan cara kita sendiri. Kita bisa menjadi perempuan yang bahagia dalam jalani hidup.

1. Bisa Melihat Sisi Baik dari Setiap Hal

Memang butuh latihan dan kebiasaan sendiri untuk bisa melihat sisi baik dari setiap hal. Saat kita berada di situasi yang buruk memang tak mudah untuk "memaksakan" diri bersikap positif. Adakalanya memang perlu menerima terlebih dahulu sisi buruk atau negatif dari sebuah hal, baru berupaya untuk memetik hal baik dari hal tersebut. Kita tak bisa terus tenggelam dalam pikiran negatif untuk bisa bahagia.

2. Bisa Menerima dan Mencintai Diri Sendiri

Tak bisa kita selalu bergantung pada orang lain untuk membuat kita bahagia. Justru kita perlu mengawalinya dengan menerima dan mencintai diri kita sendiri terlebih dahulu. Kita "peluk" diri sendiri terlebih dahulu untuk bisa melewati masa-masa sulit. Kita cukupkan diri kita dengan hal-hal yang baik supaya bisa memudahkan kita membahagiakan orang lain di sekitar kita.

3. Berani Mencoba Hal-Hal Baru

Hidup akan dipenuhi oleh banyak pilihan baru. Semakin bertambah usia, kadang kita semakin takut mengambil risiko. Namun, saat kita berani membuka diri kita untuk mencoba hal-hal baru maka kita pun berpeluang untuk bisa menemukan kebahagiaan-kebahagiaan baru. Tak lagi terlalu membatasi diri terhadap hal-hal yang baru. Mengutip laman huffpost.com, saat kita berani mencoba hal-hal kecil seperti makanan baru, bertemu teman-teman baru, mencoba genre buku yang baru, tugas baru, dan pekerjaan baru, endorfin dalam tubuh akan meningkat dan kebahagiaan kita pun turut meningkat. Seseorang yang berani mencoba hal baru bisa mudah menemukan kebahagiaan baru.

You will never be happy if you continue to search for what happiness consists of. You will never live if you are looking for the meaning of life. ― Albert Camus

4. Bersedih Secukupnya, Meratapi Keadaan Sewajarnya

Seseorang yang mudah bahagia bukan berarti harus menolak kesedihan. Justru kita bisa lebih mudah bahagia saat bisa menerima emosi dan perasaan kita seutuhnya. Saat bersedih, bersedih secukupnya. Saat kesal, meluapkan kekesana itu sesuai kadarnya. Saat dikecewakan oleh seseorang atau keadaan, tidak mudah mengutuk segalanya. Semua ini pun butuh proses. Yang pasti selain ada hari-hari buruk, pasti akan ada hari-hari baik yang akan kita temui.

5. Menjalani Hidup dengan Tujuan dan Makna

Kadang yang membuat kita sulit bahagia adalah karena kita merasa tidak memiliki harapan dalam hidup. Maka dari itu, untuk bahagia kita perlu tujuan dan makna. Saat kita sudah menemukan makna atau arti hidup kita, maka kita bisa menjalani hari-hari kita dengan hati yang ringan. Kebahagiaan pun bisa datang dengan sendirinya.

Kita sama-sama senantiasa berproses untuk menjadi perempuan yang bahagia dari waktu ke waktu. Semoga apa pun kesulitan dan masalah yang kita hadapi dalam hidup ini bisa kita atasi dengan baik, ya.

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Alasan Meluangkan Waktu Sendirian Bisa Membuat Perempuan Bahagia
Artikel Selanjutnya
Perempuan yang Tak Menuntut Orang Lain untuk Membuatnya Bahagia, Hidupnya Nyaman