Sukses

Lifestyle

Rutin BAB, 5 Jenis Makanan yang Bantu Lancarkan Pencernaan

Fimela.com, Jakarta Susah buang air besar bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari kurang olahraga, stres, dehidrasi, dan pola makan yang salah. Saat mengalami sembelit atau susah buang air besar, perut rasanya tidak nyaman. Kesehatan pun terganggu. Untuk itu penting bagi kita untuk mengusahakan diri bisa buang air besar dengan rutin.

Minum air putih yang cukup adalah cara paling dasar untuk bisa rutin buang air besar. Selain itu, mengutip laman wellandgood.com, ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk bantu lancarkan pencernaan dan rutin BAB. Selengkapnya langsung simak infonya berikut ini.

1. Buah Tinggi Serat

Buah tinggi serat seperti apel, raspberi, jambu, dan pepaya bisa dikonsumsi rutin untuk bantu lancarkan pencernaan. Untuk jenis buah yang kulitnya bisa dimakan seperti apel dan jambu, maka mengonsumsinya tak perlu mengupas kulitnya. Sebab pada bagian kulit tersebut tersimpan banyak kandungan serat.

2. Sayuran Hijau

Kandungan serat yang tinggi pada sayuran hijau sangat efektif untuk bantu lancarkan pencernaan. Kita bisa mengonsumsi salad sayur secara rutin. Brokoli dan kacang kapri juga bisa jadi pilihan tepat untuk dikonsumsi rutin supaya lebih rutin buang air besar.

3. Oatmeal

Bagi yang sudah terbiasa sarapan oatmeal, pasti sudah merasakan langsung manfaatnya bisa buang air besar secara rutin. Oatmeal ternyata memang kaya serat dan baik untuk pencernaan. Selain dikonsumsi saat sarapan, oatmeal juga dapat dikonsumsi saat makan malam.

4. Kafein

Kafenin merupakan salah satu jenis stimulan. Selain membantu kita terjaga dan tidak mengantuk, kafein juga dapat menstimulasi sistem pencernaan kita. Bagi yang merasa sering kesulitan buang air besar, minum kopi hangat bisa menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk dicoba.

5. Kari

Kari bisa menjadi laksatif alami. Ini karena kandungan kapsaisin pada kari yang dapat menstimulasi reseptor di tubuh untuk memperlancar pencernaan. Selain itu, makanan yang mengandung lemak sehat juga dipercaya efektif bantu lancarkan pencernaan. Seperti misalnya menambahkan buah alpukat pada salad buah atau salad sayur yang akan dikonsumsi. Minyak zaitun juga bisa jadi pilihan tepat untuk salad dressing.

Bisa rutin buang air besar merupakan salah satu tanda pencernaan yang sehat. Semoga info ini bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

;
Loading