Sukses

Lifestyle

Beli atau Sewa Rumah? Pahami Plus Minusnya Berikut Ini

Fimela.com, Jakarta Saat sudah bekerja atau menikah dan mulai memikirkan untuk hidup yang lebih mandiri, biasanya kita akan memiliki prioritas baru soal tempat tinggal. Baik yang masih lajang atau sudah menikah, pertimbangan untuk membeli atau menyewa rumah kadang bisa cukup membingungkan. Berbagai hal dipikirkan untuk membuat keputusan terbaik.

Kondisi finansial menjadi salah satu pertimbangan terbesar dalam keputusan antara membeli atau menyewa rumah. Ketersediaan dana menjadi faktor yang dipikirkan matang-matang sebelum memutuskan apakah harus langsung beli rumah atau untuk sementara waktu. Belum lagi dengan kondisi pekerjaan atau karier, seperti kondisi pekerjaan yang mengharuskan kita sering berpindah-pindah kerap membuat kita ragu untuk membeli rumah.

Mengutip buku Make It Happen, beli rumah atau sewa rumah masing-masing ada plus minusnya. Selengkapnya langsung simak uraiannya di bawah ini.

1. Plus Minus Beli Rumah

Saat kita memutuskan membeli rumah, maka kita akan perlu menyisihkan penghasilan untuk membeli aset. Kita bisa membeli rumah dengan dana kurang dari 50% dan menggunakan uang orang lain sebagai pinjaman. Rumah juga bias menjadi salah satu aset investasi. Selain itu, punya rumah sendiri menghadirkan rasa bangga.

Ketika membeli rumah, maka perlu siap dengan biaya pemeliharaan yang cukup tinggi. Selain itu jika membeli rumah secara kredit, maka kita perlu kesiapan matang untuk membayar cicilan dengan tepat waktu. Belum lagi bila ada asuransi rumah yang harus kita beli. Bagi yang sering berpindah-pindah kota untuk urusan bisnis atau pekerjaan, akan sulit untuk menyesuaikan fleksibilitas bila sudah memutuskan menetap di suatu tempat.

3. Plus Minus Sewa Rumah

Untuk bisa menempati rumah, tidak membutuhkan dana besar. Selain itu, kita bisa memilih jenis dan ukuran rumah tergantung kemampuan ekonomi sehingga lebih fleksibel. Bila setiap saat harus pindah kota atau lokasi, bisa cukup memudahkan untuk pindah kapan saja. Selain itu, biaya pemeliharaan yang dikeluarkan tidak banyak.

Menyewa rumah, maka kita berisiko dipindah paksa oleh pemilik bila terjadi situasi yang tak terduga. Kita pun tak punya kebebasan untuk melakukan renovasi. Karena rumah yang ditempati bukan milik sendiri, maka kita terancam tak punya aset finansial untuk masa depan.

Jadi, mau beli rumah atau sewa rumah? Semua tergantung situasi dan kondisi yang kita hadapi. Sesuaikan dengan kebutuhan dah pahami plus minusnya agar bisa membuat pilihan yang tepat. 

#ChangeMaker

;
Loading