Sukses

Lifestyle

Berapa Banyak Dana Darurat yang Harus Disiapkan agar Sehat Finansial?

Fimela.com, Jakarta Memiliki kemampuan mengatur keuangan dengan baik akan sangat memudahkan kita dalam menjalani keseharian. Mengatur pengeluaran dan pemasukan dengan baik wajib dilakukan bila tak ingin mengalami masalah finansial. Selain itu, kita juga perlu memiliki dana darurat.

Memiliki dana darurat sangatlah penting untuk memiliki kondisi keuangan yang sehat. Mengutip buku Make It Happen, punya dana darurat adalah satu dari delapan indikator sehat finansial. Lalu, berapa banyak dana darurat yang harus kita siapkan dan miliki?

Dana Darurat Setidaknya Tiga Kali Pengeluaran Rutin Bulanan

Dana darurat yang kita miliki setidaknya tiga kali pengeluaran rutin bulanan. Misalnya, bila setiap bulan kita butuh Rp3 juta untuk hidup, maka jumlah dana darurat yang harus kita punya adalah Rp9 juta. Akan tetapi, Prita Hapsari Ghozie menyarankan untuk menargetkan 12 kali pengeluaran rutin bulanan. Hal ini karena mempertimbangkan kondisi ekonomi global yang masih kurang menentu. Bisa dibilang untuk "amannya", kita perlu menyiapkan dana darurat 12 kali pengeluaran rutin bulanan untuk mempersiapkan diri menghadapi situasi yang tak menentu.

Memahami Indikator Sehat Finansial

Untuk mencari tahu apakah keungan kita sudah sehat, ada delapan indikator yang bisa dijadikan tolok ukur. Indikator tersebut meliputi punya dana darurat, mampu mengelola utang, punya rumah tinggal, punya dana pendidikan, punya tabungan hari tua, mampu mengendalikan gaya hidup, punya asuransi, dan tahu portofolio keuangan keluarga. Bila belum bisa memenuhi semua indikator tersebut, setidaknya kita perlu mulai memiliki kebiasaan mengatur keuangan yang baik seperti berkomitmen untuk rutin menabung.

Jangan sampai penghasilan kita melayang unutk hal-hal yang tidak menjadi prioritas kita, ya. Saatnya untuk lebih disiplin lagi dalam mengatur keuangan dan merencananakan masa depan yang lebih baik. 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading