Sukses

Lifestyle

4 Jenis Minuman yang Bantu Turunkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Pola makan yang buruk dan gaya hidup tak sehat bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Tubuh dengan kolesterol tinggi rentan terkena sejumlah penyakit, seperti penyakit jantung. Untuk itu penting memiliki kadar kolesterol yang stabil di dalam tubuh.

Bila kita merasa kebanyakan mengonsumsi makanan yang tinggi kolesterol, salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkan kolesterol adalah memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Selain itu, melansir laman cheatsheet.com, ada empat jenis minuman yang dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi. Selengkapnya langsung simak uraiannya berikut ini.

1. Teh Hijau

Seperti yang dikutip dari Healthline, sebuah meta analisis dari American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa minuman teh hijau memiliki kandungan menurunkan kolesterol jahat. Hal ini karena teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang baik. Bila ingin menikmati minuman yang hangat dan menenangkan pada malam hari sebelum tidur, teh hijau bisa jadi salah satu pilihan terbaik.

2. Jus Buah Ceri

Ceri yang biasa dipakai untuk hiasan kue tart bisa dijus untuk diminum. Jus buah ceri seperti yang dilansir dari laman PR Newswire, dalam sebuah studi yang dipublikasikan di Food & Function, dapat membantu menstabilkan kadar kolesterol dan kesehatan kardiovaskuler secara umum. Studi tersebut menguji 34 orang dewasa paruh baya dan membaginya jadi dua kelompok. Kelompok pertama minum jus jeri selama 12 minggu dan kelompok kedua minum minuman placebo rasa ceri. Para peneliti menemukan bahwa secara keseluruhan, kelompok yang minum jus ceri, kolesterol jahat dan tekanan darahnya turun.

3. Jus Jeruk

Jika suka buah jeruk bali, jeruk kupas, atau lemon, maka coba buat minuman dari buah-buahan tersebut. Minum segelas air yang diberi air perasan buah lemon pun dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi. Jus jeruk dari buah segar asli selain menyegarkan juga bisa bantu menstabilkan kolesterol dalam tubuh.

4. Jus Cranberry

WebMD menyebutkan bahwa dalam sebuah penelitian jangka panjang, minum dia gelas jus cranberry murni setiap hari bantu menaikkan kadar kolesterol baik dalam tubuh dan menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, buah cranberry juga kandungan antioksidannya tinggi.

Pastinya untuk mendapat kadar kolesterol yang normal, perlu diimbangi dengan pola makan sehat dan kebiasaan-kebiasaan sehat selainnya. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading