Sukses

Lifestyle

4 Tips Sederhana Agar Daging Sapi Empuk Sebelum Dimasak

Fimela.com, Jakarta Ketika merayakan hari raya Idul Adha, akan banyak sajian makan yang bisa disantap terlebih olahan daging. Sangat menyenangkan memang ketika dapat memasak berbagai macam jenis hidangan. Akan tetapi, menjadi masalah bagi sebagian Sahabat Fimela saat memasak daging. Sering kita memasak daging namun, tekstur dari dagingg tersebut alot. Nah, jangan khawatir, FIMELA akan berbagi tips untuk memasak daging agar lebih empuk seperti berikut ini.

Rendam dengan Air Masam

Asam dapat membantu membuat daging menjadi empuk. Merendam daging dalam air asam yang dibuat dengan jus lemon atau jeruka nipis, cuka, buttermilk, atau bahkan yogurt dapat membantu melunakkan protein yang keras. Kuncinya adalah jangan terlalu lama untuk merendam daging, karena asam dapat melunakkan protein daging terlalau banyak, yang akan membuatnya terlalu lunak dan lembek. Usahakan untuk merendam daging dengan larutan asam hingga 2 jam, tetapi periksa secara berkala untuk melihat apakah daging sudah mulai lunak atau belum.

Rendam dengan Enzim

Beberapa buah-buahan seperti pepaya, nanas, dan kiwi mengandung enzim yang dapat membantu melunakkan daging. Coba pureeing buah-buahan ini dan tambahkan beberapa bumbu seperti garam. Hanya saja, jangan biarkan daging yang dicampur dengan nanas terlalu lama. Bromelain, enzim kuat yang ditemukan dalam buah ini, yang akan membuat daging lebih mudah lunak.

Gunakan Garam

Cobalah untuk memberikan beberapa jumput garam sebelum memotong dan memasak daging. Biarkan selama 1-2 jam sebelum memasaknya. Ini adalah cara yang efektif untuk memecah serat otot yang keras. Saat siap untuk memasaknya, cukup bilas dengan air dan daging siap untuk dimasak.

Masak dengan Benar

Memasak potongan daging yang keras dengan suhu rendah dalam waktu lama adalah cara yang bagus untuk melunakkannya. Serat keras, kolagen dan jaringan ikat akan rusak, yang akan membuat daging terasa empuk.

Berikut tadi beberapa cara untuk memasak daging sapi atau kambing supaya lebih empuk. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sahabat Fimela!

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading