Sukses

Lifestyle

Tips Menghadapi Pensiun Dini karena Pandemi

Fimela.com, Jakarta Pensiun dini adalah masalah baru bagi para pekerja di masa pandemi ini. Banyak pekerja dipaksa untuk pensiun dini karena kondisi ekonomi di seluruh dunia yang memang sedang buruk.

Tingkat pengangguran di seluruh dunia telah meningkat tajam selama masa pandemi. Lantas, bagaimana seharusnya menghadapi pensiun dini di saat kamu sebenarnya belum siap secara finansial?

Dilansir dari huffpost.com, jawabannya sebenarnya tergantung pada berbagai faktor. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghadapi pensiun dini karena pandemi.

1. Bersiap untuk berhemat

Pensiun dini akan membuatmu bertanya-tanya tentang nasib di masa depan. Jika kamu mengalami pengurangan penghasilan, peningkatan pengeluaran, atau pengurangan jumlah tabungan, kamu juga harus menyesuaikan gaya hidupmu di masa setelah pensiun dini.

 

 

2. Mendapatkan pengaturan waktu yang tepat

Tantangan terbesar untuk pensiun di masa pandemi adalah menentukan waktu yang tepat. Sangat penting untuk pensiun di waktu yang tepat, karena begitu kamu melakukannya, kamu harus mengganti pendapatan aktif atau gaji tetap dengan pendapatan pasif.

3. Pertimbangkan untuk mengambil jaminan sosial lebih awal

Menunggu jaminan sosial tidak selalu menjadi keputusan yang tepat. Cobalah mencari waktu terbaik untuk mengklaim jaminan sosial yang kamu miliki selama masa kerja.

4. Periksa sumber daya yang ada

Untuk mengetahui apakah tabunganmu cukup guna melewati masa pensiun, evaluasi kembali sumber daya yang kamu miliki. Catat tabungan yang ada dan tunjangan yang diberikan perusahaan.

5. Menyeimbangkan portofolio

Kelola kembali portofoliomu, karena tidak ada yang pasti di masa pandemi ini. Menyeimbangkan portofolio keuangan juga berfungsi untuk menyesuaikan kerangka waktu investasi dengan kebutuhan arus kas yang pasti berubah dari waktu ke waktu.

#ChangeMaker

;
Loading