Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Mengejutkan dari Berpelukan untuk Kesehatan Tubuh dan Jiwa

Fimela.com, Jakarta Sulit menemukan waktu untuk bersantai sejenak di dunia yang sibuk saat ini. Banyak yang bahkan mengorbankan waktunya demi keintiman untuk bekerja. Pelukan adalah salah satu cara termudah untuk merasakan keitiman yang kita butuhkan dengan orang yang kita cintai. Seiring dengan banyaknya manfaat yang didapat, tentunya menjadi sesuatu yang tidak bisa dikorbankan. Pelukan tidak hanya untuk perempuan, pria juga membutuhkan perlukan seperti halnya perempuan. Berikut ini ada beberapa manfaat yang mengejutkan dari berpelukan yang baik untuk tubuh dan jiwa.

Melepaskan Hormon Oksitosin

Oksitosin adalah hormon yang melakukan segalanya mulai dari membuatmu merasa nyaman hingga membantumu merasa terhubung dengan orang lain. Oksitosin sangat penting dalam tidakan berpelukan, seperti yang akan dirimu lihat dari manfaatnya yang muncul dalam beberapa poin selanjutnya.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pelepasan oksitosin, hormon perasaan senang ini membuatmu merasa tidak ada yang menyakitimu. Hormon ini juga membantumu melawan infeksi dari dalam tubuh. Pada dasarnya, dirimu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena merasa terlalu baik dan sehat. Kekuatan berpikir positif dan perasaan cinta akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengurangi Kecemasan Sosial

Oksitosin menginspirasi pemikiran positif. Ini membantumu memiliki pandangan optimis tentang dunia. Artinya, ketika dirimu mendapatkan pelukan tepat saat dirimu merasa sendirian, dan hanya ada orang memelukmu saat itu dirimu akan merasa lebih bahagia dan lebih mudah untuk bersosialisasi. Dirimu dapat tampil percaya diri.

Memperdalam Hubungan

Komunikasi penting dalam hubungan, tetapi orang sering lupa betapa berartinya sentuhan itu. Ketika dirimu stres karena masalah pekerjaan, akan memengaruhi hubunganmu dengan rekan kerja yang ada di sekitarmu. Ketika pulang kerja, sempatkan untuk memeluk pasanganmu atau memeluk anggota keluarga lainnya, ini akan membantumu meringankan dan bahkan menghilangkan rasa stres tersebut.

Meningkatkan Hubungan Batin

Oksitosin berhubungan dengan persalinan dan menyusui. Ini tidak hanya berlaku hubungan dengan pasangan saja, tetapi juga berlaku untuk seorang ibu dan anaknya. Oksitosin membantu ibu menjadi rileks, sehingga proses menyusui bisa lebih mudah.

Berpelukan tidak harus antara dirimu dengan pasangan. Bahkan tidak harus dengan orang lain, dirimu dapat menggosok bahumu sendiri untuk merasakan pelukan. Berpelukan juga bisa dilakukan dengan hewan peliharaan yang dimiliki di rumah.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading