Sukses

Lifestyle

4 Alasan Cuek adalah Cara Terbaik Hadapi Orang yang Menggosipkanmu di Medsos

Fimela.com, Jakarta Saat ini kita bagai hidup di dua dunia: dunia nyata dan dunia maya. Seperti dalam keseharian kita, kita tak pernah lepas dari keriuhan media sosial. Media sosial memang menghadirkan ruang yang lebih luas untuk bisa berjejaring dan membangun relasi serta komunikasi. Ruangnya sangat luas dan bebas sehingga siapa saja bisa berbicara soal apa saja, termasuk menggosipkanmu di media sosial.

Jelas rasanya tidak nyaman ketika baru membuka media sosial kita mendapati diri kita jadi objek gosip. Ada banyak suara dan komentar yang menyudutkanmu. Ugh, rasanya ingin meledak dan marah-marah saja rasanya. Tapi dalam situasi seperti ini kadang bersikap cuek adalah pilihan yang paling tepat.

1. Jika Kita Terpancing Marah, Itu Malah akan Membuatnya Senang

Ada cara efektif untuk membuat si penggosip tersiksa sendiri. Cuekin. Kalau emosi kita terpancing dan marah-marah, itu hanya akan membuat si penggosip makin puas dan senang. Coba untuk abaikan dulu selama sementara waktu. Bila perlu, matikan ponselmu dan menjauhlah sejenak dari media sosial.

2. Menjaga Perasaanmu Jauh Lebih Penting

Tidak semua keinginan orang lain harus kita penuhi. Tak semua orang bisa kita bahagiakan. Jika ada yang berbahagia dengan membicarakan keburukan-keburukanmu, sudah biarkan saja. Menjaga perasaan sendiri jauh lebih penting saat ini. Jangan membebani diri dan merepotkan diri sendiri dengan hal-hal yang sebenarnya bukan urusanmu. Ibarat kata pepatah, anjing menggonggong, kafilah berlalu. 

3. Marah-Marah Itu Menguras Emosi, Bikin Capek!

Udah deh, hemat-hemat energimu. Jangan menghabiskan energimu untuk hal-hal yang nggak penting. Marah-marah itu cuma menguras energi. Bikin capek. Oke, kalau memang kamu merasa kesal, tak apa lampiaskan dan luapkan dulu tapi sebentar saja. Setelah itu, tarik napas dan atur perlahan napasmu. Tenangkan diri dan lakukan hal lain yang lebih penting.

4. Kita Tak Bisa Mengendalikan dan Mengatur Semua Orang

Inilah realitanya. Mustahil rasanya kita bisa mengontrol semua omongan orang. Kita tak bisa mengatur orang ingin bicara apa. Nyinyiran dan cibiran orang pun tak bisa kita cegah dengan mudah. Oran-orang berkata buruk atau negatif tentangmu, ya sudah. Realita ini perlu kita terima terlebih dahulu. Dengan begini, kita tak akan mudah merasa stres atau tertekan ketika menghadapi berbagai komentar yang ada di  media sosial.

Kadang cuek bisa jadi "obat" terbaik untuk menghadapi gosip-gosip yang menerpa kita. Mending kita fokus melakukan hal-hal yang lebih penting dan berharga dalam hidup kita.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading