Sukses

Lifestyle

6 Mitos tentang Mendapatkan Vaksin Flu Selama Pandemi Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Sejak pandemi virus Corona berlangsung, kamu mungkin sudah sering mendengar berbagai hal tentang vaksin flu. Ternyata, mendapatkan vaksin flu saat ini adalah keputusan terbaik yang bisa kamu buat.

Inilah mengapa para pakar kesehatan menyarankan orang-orang untuk segera mendapatkan vaksin flu. Dilansir dari bustle.com, berikut ini adalah beberapa mitos tentang mendapatkan vaksin flu selama pandemi virus Corona yang harus berhenti kamu percaya.

Mitos 1: Suntikan flu tidak penting saat ini

Centers for Disease Control & Prevention menyatakan bahwa ada 140.000 sampai 810.000 orang dirawat di rumah sakit setiap tahun karena flu. Sehingga jelas bahwa vaksin flu akan sangat membantu di situasi seperti saat ini.

Mitos 2: Flu dan COVID-19 pada dasarnya sama

Memang keduanya adalah virus pernapasan yang menyebar melalui kontak antar manusia, namun virus Corona bukan flu. Gejala COVID-19 memang sangat mirip dengan flu, keduanya menyebabkan kelelahan, batuk, dan demam. Karena gejalanya sulit dibedakan secara klinik, lebih penting untuk melakukan pencegahan terhadap hal-hal yang lebih terjangkau, yaitu mendapatkan vaksin flu.

 

 

Mitos 3: Vaksin flu akan melindungi dari virus Corona

Vaksin flu tidak akan memberikan perlindungan apapun terhadap virus Corona yang menyebabkan COVID-19. Keduanya adalah penyakit yang berbeda dan vaksinasi terhadap satu penyakit tidak akan mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit lainnya.

Mitos 4: Flu dan virus Corona tidak akan bisa menginfeksi secara bersamaan

Sama seperti secara teori seseorang bisa terserang flu dan pilek secara bersamaan, flu dan COVID-19 bisa menginfeksi secara bersamaan. Fenomena ini disebut sebagai superinfeksi.

Mitos 5: Flu akan menghentikan penyebaran virus Corona

Flu dan COVID-19 dapat saling mempengaruhi, namun sulit untuk mengetahui caranya. Flu dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang, yang kemudian memungkinkan ia untuk terinfeksi COVID-19.

Mitos 6: Tidak aman untuk mendapatkan vaksin flu saat ini

Dapat dimengerti jika kamu merasa harus menghindari pergi ke dokter saat ini. Namun, mendapatkan vaksin flu lebih penting untuk dilakukan, anggaplah ini sebagai hal yang mendesak.

Namun, penting untuk diingat bahwa kamu tidak boleh mendapatkan vaksin flu ketika terpapar dengan orang yang terinfeksi COVID-19 atau sedang mengalami gejala. Sudahkah kamu mendapatkan vaksin flu, Sahabat FIMELA?

#ChangeMaker

;
Loading