Sukses

Lifestyle

Menikmati Keragaman Kopi, Bangga dengan Indonesia

Fimela.com, Jakarta Kita semua pasti punya pengalaman tak terlupakan terkait negeri kita tercinta Indonesia. Ada kebanggaan yang pernah kita rasakan sebagai bagian dari Indonesia. Kebanggaan terhadap keindahan alam Indonesia, kekayaan tradisi dan budaya, kecintaan terhadap masyarakat Indonesia, dan lain sebagainya. Kita pun punya cara tersendiri dalam mengartikan kebanggaan terhadap tanah air ini. Melalui Lomba Share Your Stories Bulan Agustus: Bangga Indonesia ini, Sahabat Fimela bisa berbagi cerita, pengalaman, dan sudut pandang tentang hal tersebut.

***

Oleh: Delima Octa

Siapa yang tiap hari selalu minum kopi? Pernahkah kalian memikirkan di mana saja daerah-daerah penghasil kopi yang kalian minum? Pasti nggak kepikiran di benak kalian, yang belum tahu, biji kopi itu tidak bisa tumbuh di sembarang tempat karena tanaman kopi membutuhkan tanah, iklim, dan suhu tertentu untuk bisa tumbuh maksimal.

Tanaman kopi sangat cocok tumbuh di daerah tropis. Dari sekian banyaknya daerah penghasil kopi di berbagai negara, Indonesia masuk urutan nomor 4 sebagai negara penghasil kopi terbanyak di dunia.  Tak heran, meski Indonesia dilewati garis khatulistiwa, negara kita juga punya daerah pegunungan yang cocok untuk menanam varietas kopi arabika dan robusta di Indonesia.

Kopi tidak hanya disukai kalangan muda saja tapi juga tua. Kopi juga menawarkan berbagai jenis dan varian yang menarik untuk para pecinta kopi, tidak hanya itu kopi juga bisa menjadi bahan baku utama untuk berbagai olahan yang unik seperti kue, makanan, sabun, masker, dan parfum. Selain penghilang rasa kantuk, kopi juga memiliki manfaat untuk kesehatan asalkan tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Salah satu olahan kopi yang kekinian, praktis, dan unik sekarang adalah susu kopi boba yang banyak digandrungi oleh kalangan anak muda karena rasanya yang selalu bikin ketagihan.

Dari Merauke sampai Sabang, terdapat begitu banyak daerah penghasil kopi dengan kualitas unggul yang sangat dihargai para pencinta kopi di seluruh dunia. Biji kopi yang dihasilkan setiap daerah pun memiliki ciri khas masing-masing. Kopi memang telah lama menjadi komoditi alam Indonesia, yang membanggakan dan menyiratkan betapa subur dan kayanya nusantara.

Indonesia memiliki peluang dalam pengembangan industri pengolahan kopi, karena selain punya pasar yang besar, juga didukung dengan potensi bahan baku. Oleh karena itu, diperlukan upaya strategis, seperti hilirisasi dalam rangka meningkatkan nilai tambah dan peningkatan kapasitas produksi.

 

Indonesia Menduduki Peringkat Keempat

Indonesia adalah negara penghasil biji kopi terbesar keempat di dunia setelah Brasil, Vietnam dan Kolombia dengan produksi rata-rata sebesar 639 ribu ton per tahun atau sekitar 8 % dari produksi kopi dunia. Komposisi produksi kopi Indonesia adalah 72,84% kopi jenis robusta dan 27,16% kopi jenis arabika.

Melalui perkembangan tersebut, Indonesia yang awalnya dikenal sebagai produsen kopi, perlahan berkembang menjadi negara konsumen kopi. Bahkan, industri pengolahan kopi nasional tidak hanya menjadi pemain utama di pasar domestik, tetapi juga telah merambah sebagai pemain global.

Adapun kebijakan pengembangan industri pengolahan kopi di dalam negeri yang telah dijalankan, antara lain melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) seperti barista, roaster, penguji cita rasa (cupper). Kemudian, peningkatan nilai tambah biji kopi di dalam negeri dan peningkatan mutu kopi olahan utamanya kopi sangrai (roasted bean) melalui penguasaan teknologi roasting.

Tidak hanya itu, produksi kopi di Indonesia terus mengalami peningkatan. Di tahun 2015, produksi kopi di Indonesia mencapai 639,412 ton. Di tahun 2016, menembus angka 663, 871 ton. Sedangkan, di tahun 2017 produksinya mencapai 668,677 ton. Tahun 2018 berada di angka 722,641 ton dan di tahun 2019 produksi kopi di Indonesia mencapai 729,074 ton.

Mencintai,membeli dan menggunakan produk dalam negeri, semakin bangga terlahir di Indonesia.

Semua dimulai dari diri sendiri, kesadaran untuk mencintai produk dalam negeri. Banyak produk Indonesia yang kualitasmya diakui  di dunia. Kebanggaan tersebut yang harus ada di diri sendiri. Manfaatkan gadget dengan mengunggah produk-produk dalam negeri kesukaanmu. Bangga menggunakannya sekaligus mengenalkan.

#ChangeMaker

;
Loading