Sukses

Lifestyle

Miss V Terasa Kering, Normalkah?

Fimela.com, Jakarta Pernahkah merasa ada yang tidak biasa dari Miss V seperti terasa lebih kering dari biasanya? Miss V yang terasa kering memang kadang menimbulkan rasa was-was. Normalkah? Atau jangan-jangan ada masalah?

Tak perlu panik berlebihan saat mendapati Miss V yang terasa kering. Melansir laman health.com, penyebabnya dipengaruhi besar oleh hormon. Rebecca C. Brightman, MD, ginekolog yang membuka praktik pribadi di New York City menjelaskan, "Kondisi saat kadar estrogen rendah seperti setelah melahirkan atau setelah menopause bisa menyebabkan rasa kering."

Penggunaan alat kontrasepsi oral juga bisa menyebabkan Miss V jadi terasa kering. Selain itu, infeksi dan penggunaan obat-obatan seperti obat antidepresan dan antihistamin juga bisa jadi pemicu Miss V menjadi kering.

Bila Merasa Khawatir, Ada Baiknya Segera ke Dokter

Untuk mengatasinya, Dr. Brightman merekomendasikan pelembap untuk vagina atau bisa juga menggunakan lubrikan. Tapi ada baiknya berkonsultasi ke dokter lebih dulu sebelum mengenakan produk atau obat-obatan untuk vagina.

Pada dasarnya kondisi vagina selalu lembap. Karena ada cairan yang diproduksi oleh sel-sel di dalam dinding vagina. Lendir serviks menjaga kelembapan vagina. Dan meningkatnya aliran darah seperti saat berhubungan intim bisa membuat vagina terasa lebih basah.

#ChangeMaker

Loading