Sukses

Lifestyle

Punya Keluarga Berbeda Daerah, Bangga Menjadi Orang Indonesia

Fimela.com, Jakarta Kita semua pasti punya pengalaman tak terlupakan terkait negeri kita tercinta Indonesia. Ada kebanggaan yang pernah kita rasakan sebagai bagian dari Indonesia. Kebanggaan terhadap keindahan alam Indonesia, kekayaan tradisi dan budaya, kecintaan terhadap masyarakat Indonesia, dan lain sebagainya. Kita pun punya cara tersendiri dalam mengartikan kebanggaan terhadap tanah air ini. Melalui Lomba Share Your Stories Bulan Agustus: Bangga Indonesia ini, Sahabat Fimela bisa berbagi cerita, pengalaman, dan sudut pandang tentang hal tersebut.

***

Oleh: Adhe Rangkuti

Indonesia adalah negara yang memiliki keragaman budaya, agama, ras, dan suku. Indonesia juga merupakan negara kepulauan. Saya sendiri berasal dari pulau Sumatera tepatnya Sumatera Utara suku Batak Tapsel, tetapi saya dari umur satu tahun sudah dibawa merantau ke Bogor oleh orang tua saya, karena ingin mencoba usaha di Bogor. Jadi singkat cerita saya adalah turunan Batak tapi dibesarkan di kota Bogor.

Saat ini saya adalah seorang ibu rumah tangga dan sudah memiliki dua orang anak. Suami saya berasal dari Brebes, Jawa Tengah Indonesia. Dan kamim bertempat tinggal di Cileungsi Bogor Indonesia. Saya juga memiliki kakak ipar dari Padang, Sumatera barat, dan Banten, Jawa Barat. Begitu beraneka ragam suku dan ras di keluarga saya. Betapa indahnya keanekaragaman itu, menjadikan kami sangat cinta keanekaragaman dan keunikan yang Indonesia punya. 

Di era seperti ini, rasa cinta dan bangga menjadi rakyat Indonesia sangat diperlukan karena untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Bangga Indonesia menjadi tonggak penting dan harus ditanamkan sejak dini agar penerus kita mencintai tanah air. Dan Bangga Indonesia bisa dijadikan mata pelajaran di sekolah-sekolah supaya anak muda sekarang ini tidak lupa tentang bagaimana perjuangan ketika memperebutkan kemerdekaan Indonesia dan saat ini kita harus mengisi kemerdekaan Indonesia dengan bangga menjadi bagian dari Indonesia.

Bangga Menjadi Orang Indonesia

Saya bangga menjadi orang Indonesia. Wujud cinta saya bangga Indonesia yaitu saya menanamkan rasa cinta tanah air Indonesia terhadap dua buah hati saya yaitu dengan menjelaskan bahwa kami adalah orang Indonesia, memberikan baju merah putih, mengajak jalan-jalan ke tempat wisata Indonesia karena wisata Indonesia itu keren dan sangat bagus untuk dijelajahi, menggunakan produk lokal, dan banyak cara lainnya untuk memupuk rasa bangga kita terhadap Indonesia.

Semoga challenge Bangga Indonesia dari FIMELA menginspirasi yang lainnya untuk terus Bangga Indonesia khususnya untuk para anak muda milenial saat ini biar tetap cinta tanah air yaitu dengan menjaga nama baik Indonesia dan mengharumkan nama Indonesia di kancah mancanegara dengan prestasi. Wujud bangga Indonesia yang simpel, yaitu tetap mempertahankan karakteristik orang Indonesia yaitu ramah dan sopan. Dan wujud bangga Indonesia lainnya yaitu dengan mencintai produk lokal dalam negeri Indonesia karena dengan begitu ikut membangun perekonomian Indonesia. Dan semoga kalimat, "Saya bangga Indonesia," terus ada hingga ke anak cucu kita. Amin.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading