Sukses

Lifestyle

4 Alasan Mengapa Kamu Sulit Percaya Pada Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Selalu ada alasan mengapa kamu tidak bisa memberikan kepercayaan pada orang lain. Hal ini mungkin tidak kamu sadari dan kamu anggap sebagai sesuatu yang tidak penting. Padahal, salah satu hal yang bisa membuatmu stres dan mengganggu kesehatan mental ialah ketika kamu tertekan akibat tidak bisa percaya siapapun.

Bisa jadi kamu selama ini merasa dalam keadaan baik ketika tidak bergantung pada orang lain sehingga hal tersebut membuat hatimu keras dan tidak ingin percaya pada siapapun. Jauh didalam hatimu ada ketakutan dan trauma yang luar biasa sehingga menjadi sulit bagimu untuk berbagi kepercayaan.

Biasanya orang yang sulit memercayai orang justru memiliki kecenderungan yang berkebalikan. Mereka akan lebih suka diandalkan daripada mengandalkan sehingga tidak heran jika kecenderungan tersebut bisa membuat seseorang merasa tertekan dan stres yang berlebihan.

Nah, jika kamu adalah seseorang yang sulit percaya pada orang lain, ada baiknya jika kamu mencari tahu apa alasan dan penyebabnya. Untuk itu, Fimela.com kali ini akan membagikan 4 alasan mengapa kamu sulit percaya pada orang lain. Ungkap semua alasannya berikut ini.

Pernah Mendapat Kekecewaan yang Amat Menyakitkan

Alasan mengapa kamu sulit percaya pada orang lain yang pertama ialah karena kamu pernah memiliki pengalaman dikecewakan dengan amat menyakitkan sehingga hal tersebut membekas dan menghantui sepanjang hidupmu. Kamu sangat marah dan tersakiti hingga luka itu kering dan menjadi ‘tameng’ bagi diri untuk tidak memercayai orang lain dengan mudah.

Tidak ada hal yang bisa merusak kepercayaan kecuali karena kepercayaan itu dirusak, maka tidak heran jika ada orang-orang yang begitu keras tidak mau membuka hatinya. Di satu sisi, hal ini merupakan hak setiap orang untuk meluapkan emosinya namun sikap seperti ini akan merugikanmu karena kamu terus teringat dan terbebani luka lama yang ternyata juga bisa menyakiti orang lain.

Sering Bertemu dengan Keadaan yang Buruk

Berikutnya, alasan mengapa kamu sulit percaya pada orang lain yang kedua ialah karena kamu sering bertemu dengan keadaan yang buruk. Kamu pernah memiliki ekspektasi tinggi dan bekerja secara sungguh-sungguh namun hasil yang kamu dapatkan tidak sesuai dan kamu lelah dengan semua keburukan-keburukan yang ada dalam hidup.

Hal tersebut akhirnya berpengaruh pada bagaimana kamu menyikapi orang lain. Kamu jadi tidak mudah percaya dan menganggap bahwa segalanya akan selalu berakhir buruk. Kamu justru percaya bahwa tidak ada satu orang pun, baik kamu ataupun orang lain yang dapat merubah keadaan menjadi lebih baik.

Terbiasa Melakukan Semuanya Secara Mandiri

Selanjutnya, alasan lain mengapa kamu sulit percaya pada orang lain ialah karena kamu sudah memiliki prinsip dan kebiasaan bahwa segala sesuatunya bisa kamu lakukan secara mandiri sehingga akan menjadi aneh ketika kamu membaginya dan memercayakannya pada orang lain. Selama ini kamu merasa bahwa sudah mampu memegang semua tanggungjawab sehingga tidak perlu lagi memercayakan orang lain.

Ada ketakutan juga dalam diri ketika membagi kepercayaan bahwa tugas yang diberikan tidak akan dikerjakan dengan baik. Bisa jadi kamu mempunyai standar ideal sehingga kamu tidka yakin memberikan kepercayaan pada orang lain.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading