Sukses

Lifestyle

8 Jenis Biaya Gaya Hidup yang Perlu Dicermati selama Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Kehamilan adalah fase yang istimewa dan luar biasa bagi seorang perempuan. Agar masa-masa kehamilan bisa berjalan dengan baik, maka pengaturan keuangan pun perlu dilakukan dengan lebih cermat. Sebab selama kehamilan bisa jadi akan ada pengeluaran tambahan karena perubahan gaya hidup.

Mengutip buku MoneySmart Parent, pos pengeluaran selama kehamilan bisa mencakup biaya gaya hidup hamil. Berikut ini beberapa jenis biaya yang mungkin perlu atau bahkan wajib kita keluarkan selama menjalani kehamilan. Yuk, kita cermati untuk memudahkan kita dalam mengelola keuangan.

1. Olahraga

Untuk menjaga kehamilan dan mempersiapkan stamina untuk persalinan, penting untuk melakukan olahraga dengan rutin. Sebenarnya olahraga termasuk kegiatan yang nyaris tak membutuhkan biaya atau dana. Namun, kadang demi kenyamanan dan memastikan olahraga yang dilakukan bisa mendukung kondisi kesehatan selama kehamilan, maka perlu menyewa jasa personal trainer atau mengikuti kelas senam hamil, yoga prenatal, dan pilates, dan itu semua jelas membutuhkan biaya.

2. Transportasi

Selama kehamilan kadang ada rasa kurang nyaman saat harus menggunakan transportasi umum. Sehingga memilih untuk menyewa sopir atau memiliki jasa kendaraan berbasis daring. Perubahan ini pun bisa berdampak pada pengeluaran biaya transportasi sehari-hari.

3. Jasa Asisten

Menambah satu tenaga kerja ke dalam rumah tangga untuk membantu mengurus pekerjaan rumah tangga mengharuskan kita untuk mengeluarka biaya tambahan. Mempekerjakan ART atau suster kadang diperlukan saat kita merasa sudah kepayahan atau kewalahan mengerjakan segala sesuatunya sendiri.

4. Fashion

Kehamilan adalah momen yang membuat kita perlu memadu padankan antara baju yang masih bisa dikenakan dan membeli baju baru yang nyaman untuk dikenakan selama kehamilan. Belum lagi jika masih harus sibuk bekerja dan bepergian untuk keperluan pekerjaan, maka kadang perlu membeli baju baru yang sesuai dengan ukuran dan kebutuhan. Biaya untuk membeli baju baru selama kehamilan bisa menambah pengeluaran.

5. Perawatan Kecantikan

Selama kehamilan, kulit biasanya akan lebih sensitif. Bahkan bisa tak lagi cocok dengan produk perawatan kulit atau kosmetika yang biasa dipakai. Sehingga perlu mencari produk perawatan kulit dan kecantikan yang lebih aman dan cocok. 

6. Perayaan Kehamilan

Perayaan kehamilan ini bisa meliputi acara empat bulanan, tujuh bulanan, atau baby shower. Kehadiran buah hati menjadi momen yang penuh suka cita. Sehingga kadang kita memang perlu mengalokasikan dana khusus untuk perayaan kehamilan. Tak harus mewah, yang sederhana pun bisa cukup bermakna.

7. Pemotretan Maternity

Ingin mengabadikan momen kehamilan melalui foto-foto yang bagus? Kadang kita perlu menyewa jasa fotografer profesional untuk pemotretan ini. Tapi bila ingin lebih hemat, bisa diakali dengan menggunakan kamera ponsel dan memanfaatkan properti yang ada di rumah untuk pemotretan kehamilan.

8. Babymoon

Bila ada dana lebih atau alokasi dana lebih, maka bisa jadwalkan babymoon. Liburan bersama suami sebelum melahirkan atau mendekati hari perkiraan lahir bisa membantu ibu lebih rileks. Babymoon juga dapat bantu mencegah stres jelang persalinan.

Gaya hidup selama kehamilan sedikit banyak akan mengalami beberapa perubahan. Kita bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan dan mengalokasikan dananya sesuai kemampuan.

#ChangeMaker

;
Loading