Sukses

Lifestyle

Pahami Sebelum Memulai, 3 Tips Dasar Berinvestasi di Properti

Fimela.com, Jakarta Sering kita mendengar bahwa berinvestasi di properti akan memberi banyak keuntungan. Bahkan sangat dianjurkan untuk berinvestasi sedini mungkin. Namun, bukan berarti kita harus buru-buru atau malah gegabah dalam melakukan investasi ini.

Membeli properti yang tujuannya untuk dijadikan investasi berbeda dari membeli rumah untuk dijadikan tempat tinggal pribadi. Mengutip buku Make It Happen! pembelian properti untuk disewakan memiliki pertimbangan yang agak berbeda dengan rumah tinggal. Meski lokasi tetap saja merupakan faktor utama, kita tetap harus perhatikan bentuk properti yang diminati pangsa pasar yang mungkin akan menyewa properti kita. Berikut ini tiga tips dasar yang perlu dipahami sebelum berinvestasi di properti.

1. Pilih Properti yang Lokasinya Strategis

Apartemen bisa sangat laku untuk dijadikan sarana properti. Bahkan sejumlah pengembang memberi guaranteed return sejumlah 8% hingga 12% sebagai pemanis. Jika kita memilih untuk berinvestasi di apartemen, maka pilih apartemen yang memiliki lokasi strategis ke pusat perkantoran dan dekat dengan berbagai fasilitas seperti restoran, supermarket, dan layanan kesehatan.

 

 

2. Jika Membeli Rumah, Pilih yang Ukurannya Tidak Terlalu Besar

Rumah masih menjadi favorit untuk disewakan. Lokasi dan luas bangunan menjadi faktor pertimbangan utama kita sebelum membelinya. Bila kita membeli rumah untuk disewakan, pilih yang ukurannya bukan yang paling besar di lingkungan itu. Kenapa? Sebab akan sulit menyewakan rumah besar karena mahal sewa dan mahal biaya pemeliharaan rumah.

3. Hasi Sewa Properti Diinvestasikan Kembali

Penting bagi kita untuk selalu mengecek harga properti setiap tahun, baik melalui berbagai situs maupun tanya langsung ke broker properti. Selalu simpan baik-baik surat dan legalitas atas properti kita. Selain itu yang tak kalah penting adalah hasil sewa properti sebaiknya diinvestasikan kembali dalam aset properti lain atau aset finansial seperti ORI.

Tiga hal di atas adalah tips-tips dasar yang perlu kita pahami dengan baik sebelum memutuskan untuk berinvestasi di properti. Semoga infonya bermanfaat, ya.

 

#ChangeMaker

;
Loading