Sukses

Lifestyle

Bolehkah Makan Telur Setiap Hari? Apa Bahayanya? Ini Menurut Studi

Fimela.com, Jakarta Amankah makan telur setiap hari? Berapa banyak sebaiknya kita makan telur setiap minggunya? Meskipun sehat terkadang apa pun yang berlebihan itu tidak baik, termasuk telur. Tapi apakah ini juga berlaku untuk telur?

Sebuah penelitian menyatakan bahwa makan telur setiap hari bisa membahayakan dan bisa memiliki manfaat kesehatan tak terduga tergantung kondisi kesehatan tubuh seseorang.

Telur memiliki kandungan yang sangat sehat, mulai dari protein, lemak sehat, meneral dan vitamin hingga kolesterol baik. Namun seperti dilansir dari Everydayhealth, jika memiliki penyakit jantung atau pernah memiliki riwayat penyakit kardiovaskuler, konsumsi telur sebaiknya dibatasi 2-4 per minggu.

Makan telur setiap hari boleh, asal...

Sedangkan untuk yang tidak memiliki riwayat kolesterol tinggi, diabetes, dan kondisi penyakit jantung lainnya, setiap orang diperbolehkan mengonsumsi hingga enam butir per minggu.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Nutrients tahun 2018 menunjukkan bahwa satu butir telur ayam mengandung kurang lebih 186 mg kolesterol. Angka tersebut merupakan jumlah kolesterol maksimum harian yang bisa dikonsumsi seseorang dengan penyakit jantung. Lebih dari itu, bisa membahayakan kesehatan.

Untuk orang yang sehat, peneliti dai Finlandia menemukan bahwa makan telur hingga telur sehari kemungkinan tidak membahayakan kesehatan terutama tidak meningkatkan risiko stroke. Penelitian yang diterbitakan dalam The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2019 menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi enam butir telur per minggu tidak memiliki risiko stroke lebih besar dibandingkan dengan orang yang hanya makan telur dua kali seminggu.

"Dengan kata lain, makan telur setiap hari seharusnya baik-baik saja untuk kebanyakan orang," ujar Jyrki Virtanen, PhD, penulis penelitian tersebut.

Ada kalanya orang alergi jika terlalu banyak makan telur. Jadi, sebelum memutuskan makan telur setiap hari, kenali kondisi kesehatanmu dulu ya Sahabat Fimela.  

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading