Sukses

Lifestyle

5 Hal Ini Membantumu Bertanggung Jawab Mengelola Keuangan dengan Baik

Fimela.com, Jakarta Penganggaran lebih dari sekedar mengalokasikan uang untuk pengeluaran bulanan. Orang yang tahu bagaimana membuat anggaran memiliki cara yang sistematis dalam menangani uang. Selain mengatur pengeluaran, orang yang berhemat seringkali memiliki perencanaan keuangan yang matang.

Namun, berpegang pada rencana keuangan tidak semudah yang dibayangkan. Banyak dari kita keluar dari rencana anggaran bahkan juga mengacaukan keuanga kita. Berikut ini adalah cara bertanggung jawab tentang keuangan yang telah kita kelola dengan baik.

Berpikir Strategis

Apa inti dari membuat anggaran? Ketika membuat anggaran, selalu ingat bahwa itu ada untuk membantumu keluar dari hutang. Tujuan anggaran adalah untuk menciptakan masa depan yang lebih baik yang akan memberimu lebih banyak kebebasan finansial.

Tetapkan Tujuan Keuangan

Saat membuat tujuan, pastikan dirimu memiliki rencana jangka pendek dan jangka panjang. Ada banyak aplikasi pengelolaan keuangan yang dapat membantumu mengalokasikan uang dengan mudah.

Bersiap untuk Keadaan Darurat

Selalu memiliki dana darurat. Ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik, dana darurat dapat menyelamatkanmu dari hutang dan stres. Bersiaplah jika terjadi keadaan darurat medis, PHK atau perceraian. Persiapan yang tepat memastikan dirimu memiliki uang untuk hal-hal yang penting bagimu.

Tetapkan Batasan

Meminjamkan uang kepada teman dan anggota keluarga terkadang menjadi penyebab kekurangan uang. Jadi sebelum memutuskan untuk meminjakan uang, pastikan dirimu telah mengatur keuanganmu sendiri terlebih dahulu. Selalu ada kemungkinan uangmu tidak akan dikembalikan oleh teman atau anggota keluarga.

Jadwalkan Evaluasi Anggaran Berkala

Jangan lupa untuk mengevaluasi bagaimana kinerjamu dengan keuangan. Apa faktor yang mencegahmu tetap pada anggaran? Kategorkan apa yang dapat dirimu sesuaikan untuk membuat rencana keuangan yang lebih baik dan lebih akuntabel. Sisihkan waktu tertentu untuk memastikan dirimu tidak mengeluarkan uang berlebihan.

Mengetahui banyak hal tentang keuangan dan pengelolaan uang dapat membantumu menciptakan masa depan yang bebas utang. Jadi berinvestasilah pada dirimu sendiri tetapi hindari kepuasan instan. Luangkan waktu untuk mendapatkan nasihan dari orang-orang yang paham keuangan.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading