Sukses

Lifestyle

Hidup Tenang Tanpa Utang di Usia 20-an, Ini 4 Tips yang Bisa Dilakukan

Fimela.com, Jakarta Akhir masa remaja dan awal usia 20-an adalah saat-saat dalam hidup ketika banyak orang membuat transisi dari ketergantungan ke kemandirian. Dengan itu, muncullah kemandirian finansial. Terlepas dari itu, belajar menyeimbangkan uang untuk pengeluaran bisa menjadi hal yang cukup menantang dan banyak orang dewasa muda yang berakhir dengan hutang besar.

Banyak orang yang menjadi sasaran pemberi pinjaman riba, menawarkan falisitas kredit berbunga tinggi seperti kartu kredit. Untuk menghindari utang yang menyulitkanmu, berikut ini adalah beberapa cara untuk menghindari utang ketika memasuki usia 20-an.

Hindari Kartu Kredit

Mungkin dirimu berpikir bahwa ide yang bagus ketika dapat memiliki kartu kredit untuk keadaan darurat. Tapi, kenyataannya adalah bahwa kartu kredit jarang digunakan untuk tujuan ini dan godaan untuk menghabiskannya selalu ada. Cobalah untuk menghindari penggunaan kartu kredit, ini akan membuatmu harus membayar tagihan yang begitu besar.

Menaksirkan Pengeluaran Terlalu Tinggi

Selalu masuk akal untuk memiliki anggaran untuk sewa tempat tinggal, makanan dan pengeluaran lainnya. Tetapi satu hal yang tampaknya diabaikan oleh orang-orang dalam anggaran mereka adalah bahwa pendapatan dan pengeluaran dapat berfluktuasi secara liar. Untuk alasan ini, selalu ada baiknya untuk menyusun anggaran menggunakan perkiraan pengeluaran maksimum.

Bersiap untuk Biaya Tak Terduga

Jangan pernah membuat kesalah dengan berasumsi bahwa segala sesuatunya tidak akan salah dan berjalan mulus. Barang akan rusak dan harga barang mungkin juga akan naik, saatnya dirimu menyusun anggaran dengan bijak untuk menyisihkan 15% dari pendapatan sebagai cadangan terhadap pengeluaran mendadak.

Belajar Menikmati Hal-hal Kecil

Beberapa hal terbaik dalam hidup tidak mahal harganya. Cobalah untuk menikmati waktu bersama dengan teman dan bercanda tawa bersama. Siapa pun yang mengakui bahwa dirimu tidak dapat bersenang-senang tanpa mengeluarkan uang mungkin tidak terlalu menyenangkan untuk memulainya. Beberapa aktivitas terbaik dalam hidup bisa jadi murah dan bahkan gratis. Cobalah untuk menikmati menonton film di rumah bersama dengan teman, kamu akan merasakan kebahagiaan yang mungkin tak perlu membayarnya dengan harga yang cukup mahal.

Menghindari diri dari hutang mungkin sebagian orang bisa melakukannya dan sebagian lainnya tidak. Intinya, cobalah untuk hidup sesuai dengan keuangan yang kamu miliki, jangan terlalu memaksakan diri yang akan membuatmu mengalami masalah di kemudian hari.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Penggemar Harry Potter dan Transgender, Perempuan Ini Ingin Beri Pesan pada J.K Rowling
Artikel Selanjutnya
Arti Mimpi Tak Bisa Berhenti Menangis dan Melihat Orang Lain Berlinang Air Mata