Sukses

Lifestyle

3 Langkah Kecil untuk Memulai Menabung dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Menyimpan uang tidak harus berupa permainan angka, siapa pun dapat melakukannya dengan perencanaan dan disiplin yang tepat. Dariapada menunda untuk menabung sampai dirimu mencapai tingkat tertentu misalnya seperti kenaikan gaji berikutnya, jadikan menabung sebagai prioritas setap hari. Jika Sahabat Fimela masih memiliki kesulitan untuk menabung, tips berikut ini mungkin bisa membantu.

Bangun Sistem Manajemen Uang

Sangat mudah untuk menghabiskan gaji jika tidak ada alasan untuk pengeluaranmu. Pertama lakukan evaluasi pengeluaran sebelum menyusunnya. Dokumentasikan apa yang dibeli, di mana dan kategorikan pengeluaran apa saja yang dibutuhkan selama 30 hari untuk mengukur kebiasaan belanja. Pendekatan ini akan memastikan bahwa anggaranmu cukup dan dapat menabung sebagian gajimu.

Kedua, tetapkan anggaran bulanan, menggunakan spreadsheet anggaran, perangkat lunak atau menulis di kertas, untuk merencanakan setoran masuk dan uang keluar. Setelah menetapkan anggaran, latih disiplin yang diperlukan untuk mematuhinya.

Ketiga, lacak pengeluaran secara berkala. Jadwalkan waktu setiap minggu untuk membandingkan pengeluaranmu yang sebenarnya dengan anggaran untuk mengindari pengeluaran yang berlebih dan merealisasikan peluang untuk menabung.

Bayar Utang

Entah itu saldo kartu kredit yang tinggi atau pinjaman banka, utang dapat menggerogoti cadangan kas dan membuatmu lebih sulit untuk memenuhi pengeluaran sehari-hari dan menabung. Cobalah untuk segera melunasi utang scepat mungkin. Kebiasaan ini dapat menghemat bunga ratusan ribu dari waktu ke waktu. Untuk membayar utang, tetapkan tenggat waktu pembayaran. Memetakan tujuan pelunasan utang dengan jumlah dan jadwal dapat membantumu melacak kemajuan finansialmu.

Susuaikan Kebijakan Belanja

Dari bahan makanan hingga bensin, beberapa pembelian tidak dapat dihindarkan. Untuknya, dirimu dapat menghemat uang untuk pengeluaran sehari-hari seperti beli bahan makanan dalam jumlah besar. Beli bahan makanan dalam jumlah di toko grosir, akan lebih murah. Siapkan rencana belanja bahan makanan seminggu sekali.

Nah, itu tadi tips sederhana yang bisa dilakukan untuk memulai menyisihkan uang untuk menabung.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading