Sukses

Lifestyle

Siap-siap Resesi Ekonomi, Ini 3 Cara Mengelola Keungan dengan Bijak

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tahu apa yang mungkin terjadi dalam resesi? Kehilangan pekerjaan bisa menjadi kritis jika dirimu sudah terbebani dengan pinjaman dan utang lainnya. Kunci utama dari menghadapi resesi adalah dirimu perlu memiliki cukup tabungan dan dana darurat yang dapat menolongmu saat menghadapi masa sulit ini. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantumu tetap proaktif tentang keuangan dan bahkan mungkin berkembang dalam menghadapi kemungkinan resesi.

Bangun Dana Darurat

Siapkan uang tunai untuk membantumu melewati periode pengangguran yang lama, bagi mereka yang mungkin mengalami pemberhentian kerja. Bahkan jika dirimu tidak kehilangan pekerjaan, kredit bisa sulit didapatkan selama resesi. Dana darurat juga bisa berguna jika dirimu memiliki pengeluaran tak terduga seperti tagihan medis, perbaikan mobil, atau perlu mengganti peralatan penting lainnya. Dirimu mungkin tidak memiliki tujuan, keluarga juga memiliki masalah keuangan mereka sendiri.

Tingkatkan Pendapatan

Saat ini, raih peluang untuk menghasilkan uang. Mungkin dirimu mendapatkan pekerjaan sampingan, bekerja paruh waktu atau mengambil waktu ekstra pada pekerajaanmu saat ini. Apa pun yang dapat dirimu lakukan untuk menopang tabungan adalah langkah cerdas.

Tinjau Kembali Pengeluaran

Tinjau semua pengeluaranmu, tempatkan dirimu pada anggaran yang tidak melebihi dari uang yang dirimu dapatkan. Jika dirimu sering melakukan pembelanjaan yang berlebihan, lakukan perubahan dengan segera. Evaluasi kembali bahkan pengeluaran yang dibutuhkan dan lakukan perhitungan untuk melihat apakah layak bagimu untuk membiayai kembali hipotek jika dirimu memiliki rumah.

Nah, berikut tadi beberapa cara mempersiapkan keuangan dengan bijak saat resesi. Yang terpenting adalah dirimu perlu untuk panik secara berlebihan.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading