Sukses

Health

10 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan, Terutama Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Daun sirih, tanaman yang umumnya ditemui di berbagai belahan dunia, memiliki sejarah panjang dalam penggunaannya sebagai obat tradisional. Tidak hanya dikenal karena sifat antiseptiknya, tetapi juga karena potensinya dalam menurunkan kolesterol. Karena daun ini memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, karoten, tannin, saponin, eugenol dan lain sebagainya, yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan saponin dalam daun sirih dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Daun sirih juga dapat berperan dalam meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik), yang membantu membersihkan saluran darah dari kolesterol jahat. Kandungan tannin membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang dapat berkontribusi pada penurunan kadar kolesterol.

Tak hanya kolesterol. Ternyata daun sirih juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan. Simak manfaat daun sirih yang lainnya, dalam artikel berikut ini:

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Daun sirih adalah daun yang sangat terkenal di dunia kesehatan. Sering kali kalau kita sedang sakit, banyak yang menyarankan menggunakan daun sirih untuk mengobati sakit. Bahkan di dunia kesehatan, daun sirih banyak diolah untuk dijadikan bahan produk obat-obatan, seperti pasta gigi dan obat kumur. Berikut manfaat daun sirih untuk kesehatan:

1. Mencegah Kanker

Daun sirih memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan. Senyawa ini membantu melawan radikal bebas, yang bisa menyebabkan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Senyawa ini juga bisa membantu meningkatkan produksi sel kekebalan tubuh.

2. Mencegah Tumor

Daun sirih dipercaya mampu menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. Kandungan di dalam daun sirih ini, bisa meningkatkan produksi sel darah putih, yang membantu menghancurkan sel tumor di dalam tubuh.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Daun sirih dapat diseduh dan dikonsumsi setiap harinya. Kandungan di dalam daun sirih juga bisa membantu melancarkan aliran darah, sehingga mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke yang menyebabkan kematian.

4. Mencegah Mimisan

Mimisan sering terjadi akibat pembuluh darah di dalam hidung pecah. Daun sirih memiliki kandungan fenil popies dan terpene, yang bisa membantu menghentikan pendarahan di hidung akibat mimisan.

5. Melancarkan Sistem Pernapasan

Daun sirih yang dihangatkan bisa ditempelkan ke area dada, serta dihirup uapnya untuk membantu melancarkan sistem pernapasan. Daun sirih juga bisa direbus dengan berbagai macam rempah-rempah, untuk mencegah sakit asma atau menyembuhkan pilek.

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Daun sirih masih memiliki banyak manfaat lainnya, selain membantu menyembuhkan penyakit-penyakit yang kronis. Daun sirih ini juga bisa membantu merawat kecantikan. Berikut manfaat daun sirih yang lainnya:

1. Menyembuhkan Jerawat

Daun sirih memiliki kandungan senyawa antiseptik, yang bisa membantu mengatasi kulit yang berjerawat. Karena senyawa ini bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Caranya hanya dengan mengompres jerawat dengan air rebusan daun sirih.

2. Menjaga Organ Kewanitaan

Daun sirih juga dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan organ kewanitaan. Daun sirih bermanfaat untuk mencegah keputihan di organ kewanitaan, dan melawan bakteri atau jamur yang tumbuh di organ kewanitaan. Caranya hanya dengan menguapi organ kewanitaan dengan air rebusan daun sirih, lalu setelah air rebusan sudah dingin, cuci organ kewanitaan dengan air rebusan.

3. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi daun sirih bisa membantu menurunkan berat badan. Karena kandungan di dalam daun sirih memiliki manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, sehingga perut tidak buncit dan terhindar dari sembelit.

4. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Senyawa antiseptik di dalam daun sirih mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Senyawa ini akan membunuh bakteri dan plak yang ada di gigi dan mulut, sehingga gigi tidak gampang sakit, menyembuhkan sariawan dan menghilangkan bau mulut.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Daun sirih bisa membantu menjaga kesehatan mata. Kandungan di dalam daun sirih bisa mengurangi rasa gatal di mata, mengurangi mata merah dan membantu meningkatkan kualitas penglihatan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading