Sukses

Lifestyle

Jarang Disadari, Ini Pentingnya Peran Ayah dalam Kehidupan Anak-Anaknya Kelak

Fimela.com, Jakarta Seperti halnya ibu, peran ayah juga sangat krusial dalam hidup setiap anak sebagai orangtua. Peran ayah seringkali diabaikan karena banyak orang umumnya menganggap ayah tidak memiliki perasaan selembut ibu. Padahal banyak juga ayah single parent di luar sana yang tugasnya juga sekaligus sebagai ibu?

Seperti dikatakan Maureen Black, PhD, seorang peneliti sekaligus profesor pediatri dari University of Maryland School of Medicine dalam Parents.com, ayah yang memiliki hubungan dekat dengan anak-anaknya tidak akan menghadapi anak-anak yang bermasalah saat mereka tumbuh dewasa.

Dengan kata lain, anak-anak yang mendapat kasih sayang cukup dari ayahnya akan mampu menjaga diri dan menghindari masalah saat remaja dan dewasa.

Peran Ayah dalam Hidup Anak

Bukan hanya itu, kemampuan atau keterampilan bahasa yang lebih baik juga dimiliki anak-anak yang dekat dengan ayahnya. Menariknya, hasil ini tetap berlaku meskipun sang ayah tidak tinggal serumah dengan anaknya, misalnya anak-anak yang mengalami perceraian orangtua.

Penelitian lainnya yang dilakukan di University of Illinois menunjukkan bahwa ayah yang mau meluangkan waktunya bertanya tentang apa saja yang sudah anak pelajari di sekolah atau kegiatan apa saja yang sudah mereka lakukan ternyata memiliki anak-anak yang prestasi akademisnya lebih baik dibandingkan ayah yang tak pernah peduli pendidikan anaknya.

Dan perlu dicatat, bahwa sosok ayah tidak harus terpaku pada ayah biologis sehingga anak dapat memperoleh manfaat kasih sayang seorang ayah. Ayah bisa memiliki status ayah tiri, ayah angkat atau kakek yang juga berperan sebagai ayah untuk cucunya.

Jadi, sebesar itu peran ayah dalam hidup anak. Itulah mengapa kita tak bisa mengabaikan sosok ayah dalam kehidupan anak-anak.

#ChangeMaker with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading