Sukses

Lifestyle

Jangan Cemas Berlebihan, sebab Hidup Ini Memang Diwarnai Ketidakpastian

Fimela.com, Jakarta Saat menghadapi sebuah masalah atau persoalan, kadang kita akan diselimuti perasaan cemas dan gelisah. Rasanya hidup jadi tak tenang karena kecemasan yang berlebihan. Tapi, cemas berlebihan pun malah bisa makin memperburuk keadaan. 

Kita sering mencemaskan masa depan. Menghadirkan "hantu-hantu kekhawatiran" pada malam-malam kita sehingga membuat kita terus terjaga. Padahal, seperti yang ditulis Adjie Santosoputro dalam Mengheningkan Cinta, masa depan akan selalu menawarkan ketidakpastian. “Tidak perlu terlalu bergelisah akan masa depan. Tidak perlu pula sebegitunya ingin memastikan masa depan. Karena bagaimanapun, masa depan akan selalu menawarkan ketidakpastian. Kurangi khawatir, belajar mengalir.”

Sadari bahwa Kita Punya Keterbatasan

Manusia punya keterbatasan. Kita tak bisa membaca masa depan dan memastikan masa depan dengan jelas. Selalu ada situasi dan kondisi yang serba tidak pasti yang akan kita hadapi dalam hidup. Terlalu mengkhawatirkan sebuah situasi atau permasalahan hanya akan menghadirkan lingkaran kekhawatiran yang tak ada habisnya. Dengan memahami hal itu, kita terdorong untuk terus belajar, berusaha, dan senantiasa berdoa. Tak lupa untuk terus berprasangka baik kepada Sang Pemilik Skenario Kehidupan kita. Kalau pun ada masalah yang terasa begitu berat yang sedang kita hadapi saat ini, yakinlah itu karena kita memang diberi kemampuan untuk bisa mengatasinya.

Ketidakpastian akan Selalu Hadir dalam Hidup Kita

Setiap saat kita mengkhawatirkan ketidakpastian. Setiap ketidakpastian menghadirkan ketidakpastian baru. Ketidakpastian baru memunculkan kekhawatiran baru. Terus berulang. Begitu terus. Khawatir tidak lulus tepat waktu membuat kita khawatir tak bisa mendapatkan pekerjaan yang tepat. Khawatir terlambat menikah membuat kita mencemaskan soal kehidupan di masa depan. Khawatir tidak bisa memiliki pernikahan yang bahagia membuat kita khawatir dalam setiap pengambilan keputusan baru dalam rumah tangga.

Kenyataan bahwa hidup akan selalu diwarnai ketidakpastian perlu kita terima. Dengan begitu, kita bisa tenang dalam menjalani hari-hari kita. Serta lebih optimis bahwa segala ujian dan cobaan hidup hadir untuk membuat kita lebih kuat dan tegar.

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Zodiak Paling Perhatian dengan Pasangannya Berasarkan Astrologi
Artikel Selanjutnya
Pada Usia 20an dan 30an, Kita akan Dihadapkan pada Momen Penting Ini