Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengatasi Kecemburuan

Fimela.com, Jakarta Perasaan cemburu cukup umum dalam suatu hubungan. Lagi pula, jika pasangan berinteraksi dekat dengan seseorang, perasaan cemburu itu wajar. Membuat pasangan merasa cemburu bisa menyenangkan, tetapi tidak jika itu menjadi terlalu sering sehingga pasanganmu mulai merasa tersakiti karena kecemburuan yang luar biasa. Berikut ini adalah beberapa cara yang akan membantu mengatasi kecemburuan yang luar biasa dalam hubungan.

Praktikkan Kepercayaan

Ini adalah aturan paling penting dari semua hubungan. Bahkan jika dirimi takut akan hal yang tidak diketahui dan apa yang mungkin akan merusak hubungan, dirimu tetap harus mempercayai ikatan di antara kalian berdua. Mempercayai adalah mencintai, karena sampai dirimu mempercayai pasangan sepenuhnya, dirimu tidak dapat mencintai mereka atau bahagia dalam hubungan, dengan perasaan bersalah karena cemburu yang menyumbat pikiranmu.

Jangan Bertindak atas Dasar Kecemburuan

Bertindak atas dasar kecemburuan bisa sangat merusak hubungan. Seringkali, ketika dirimu sangat cemburu, dirimu juga cenderung marah dan mengucapkan kata-kata menyakitkan yang tidak dapat ditarik kembali. Meskipun sulit untuk tidak bertindak ketika cemburu, dirimu tidak boleh membiarkan perasaan itu menguasaimu. Bersikaplah masuk akal dan berpikir dua kali sebelum mengucapkan kata-kata kasar yang dapat merusak hubunganmu secara permanen.

Percayalah pada Diri Sendiri

Sebelum berbicara dengan pasangan, analisis secara kritis mengapa dirimu merasa seperti ini belakangan ini. Merasa cemburu mungkin berarti dirimu memiliki masalah harga diri atau rasa tidak aman yang mendasarinya. Dirimu mungkin berpikir bahwa dirimu tidak cukup baik untuk pasangan dan karenanya, mereka mungkin meninggalkanmuuntuk seseorang yang lebih baik. Belajarlah untuk menghargai kualitas positif dirimu, dan ketahuilah bahwa pasanganmupasti bersamamuuntuk yang terbaik.

Lupakan Hubungan Masa Lalu

Hubungan seseorang di masa lalu meninggalkan dampak yang kekal pada keadaan emosi seseorang. Selain itu, jika pasangan telah selingkuh atau membuatmu terluka dari hubungan sebelumnya, kemungkinan besar mereka akan memiliki masalah kepercayaan yang besar dalam hubungan mereka saat ini. Pemicu dari masa lalu dapat merusak hubunganmu saat ini.

Ekspresikan Kecemburuan dengan Cara yang Benar

Bersikaplah dewasa dalam mengungkapkan apa yang sebenarnya dirimu rasakan. Jika pasangan pasanganmu telah melakukan sesuatu yang membuatmu merasa sangat cemburu, jangan terburu-buru, sebaliknya, coba komunikasikan secara perlahan apa yang membuatmu merasa cemburu belakangan ini. Kecemburuan juga bisa menimbulkan perasaan frustrasi dan marah, jadi lebih baik lakukan pendekatan yang tenang atau beri tahu pasangan bahwa dirimu cemburu dengan nada humor.

Nah, berikut tadi beberapa hal yang dapat dirimu lakukan saat merasa cemburu berlebihan kepada pasangan. Kecemburuan yang berlebihan dapat merusak hubungan, tentunya harus ada kepercayaan dan komunikasi yang lebih baik bersama pasangan.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading