Sukses

Lifestyle

4 Cara Membuat Bolu Pisang Kukus Mengembang Anti Gagal

Fimela.com, Jakarta Banyaknya resep bolu kukus pasti membuat banyak orang semakin rajin ingin mencoba segala macam variannya. Salah satu bolu kukus yang paling banyak disukai dan mudah dibuat adalah bolu kukus pisang.

Tanpa pengembang pun sebenarnya sudah enak, namun ada tipe orang yang suka bolu kukus yang tampak mengembang. Jika ingin membuat bolu kukus pisang yang mengembang atau mekar cantik, ternyata ini dia sekian cara yang bisa dilakukan.

1. Baking soda dan baking powder

Dalam banyak resep bolu kukus, kedua bahan pengembang ini hampir selalu ada. Keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu mengembangkan adonan sehingga bolu kukus bisa merekah. Jangan menghilangkan dua bahan ini jika ingin membuat bolu kukus yang bisa mengembang cantik.

2. Telur

Bahan lainnya yang menjamin bolu bisa mengembang adalah telur. Umumnya bolu kukus tanpa telur tetap bisa mengembang namun rasanya kurang mantap. Telur bukan hanya berfungsi sebagai pengembang tapi juga pelembut tekstur bolu kukus, jadi sebaiknya jangan dihlangkan dalam resep.

3. Gunakan soda yang baru

Baik baking soda maupun baking powder yang digunakan seharusnya memakai yang baru, jangan menggunakan yang sudah disimpan lama karena kemungkinan sudah tidak bisa berfungsi dengan baik sebagai pengembang.

4. Masalah kukusan

Kesalahan yang sering dilakukan banyak orang tapi jarang disadari adalah soal kukusan. Memasukkan adonan ke dalam kukusan yang kurang panas atau belum panas, atau memasukkan terlalu banyak adonan ke dalam kukusan sekaligus sangat bisa membuat bolu pisang tidak mengembang saat matang. Jangan suka membuka tutup kukusan saat bolu setengah matang, itu akan membuat bolu tidak mengembang.

Nah sekarang sudah tahu bukan cara membuat bolu pisang kukus yang mengembang? Selalu pastikan empat poin di atas kamu perhatikan saat membuat bolu pisang ya.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading