Sukses

Lifestyle

Sebuah Akhir adalah Permulaan Baru, Jangan Ratapi yang Sudah Berlalu

Fimela.com, Jakarta Waktu kadang terasa begitu cepat berlalu. Rasanya baru "kemarin" membuka sebuah lembaran baru dan menetapkan target-target baru. Masih jelas dalam ingatan tentang semangat dan emosi yang dirasakan ketika mengawali sesuatu. Sampai ketika kita berada pada sebuah titik ujung, kita merasa seakan sudah tak memiliki harapan baru.

Sebuah akhir bisa menjadi permulaan baru. Akhir sebuah tahun akan membuka sebuah permulaan tahun yang baru. Berakhirnya sesuatu akan diikuti dengan bermulanya hal baru. Waktu kadang berjalan tanpa ampun, meskipun begitu kita tetap perlu melangkah ke depan. Tak perlu terlalu lama menangisi atau meratapi yang telah berlalu.

Hidup Ini Tak Ubahnya Sebuah Perjalanan

“Every journey is simultaneously a beginning and an ending: I was leaving my old life behind and starting on a road trip to find a new me.”― Debi Tolbert Duggar, Riding Soul-O

Hidup kita merupakan sebuah perjalanan. Banyak fase dalam hidup kita yang dirangkai dengan sebuah akhir dan sebuah permulaan. Akhir dan permulaan selalu berjalan serangkai dan beriringan. Berputar seiring waktu berjalan. Meski mungkin ada hal-hal yang kita sesali di masa lalu, kita tak bisa terus tenggelam dalam kesedihan untuk meratapinya. Kita masih perlu melanjutkan perjalanan untuk mengukir makna baru pada permulaan yang sudah siap menyambut kita.

Tetap Fokus untuk Melanjutkan Hidup

“Endings are thus formally unappealing to me, more than beginning or ending, in life, I enjoy continuing. Continuing is my only focus or concern.”― Brian D'Ambrosio

Alih-alih terus menyalahkan diri sendiri atas hal-hal yang tak berjalan lancar di masa yang telah berlalu, bagaimana jika sekarang berterima kasih pada dirimu sendiri terlebih dahulu? Terima kasih sudah berjuang hingga saat ini. Terima kasih sudah bertahan dan melakukan yang terbaik untuk bisa sampai titik ini. Memang tidak mudah melalui banyak hal, tapi terima kasih memutuskan untuk melangkah ke depan. Ambil pelajaran dari yang telah berlalu, lalu fokus untuk melanjutkan hidup dengan harapan baru.

Setiap Akhir dan Permulaan Membantu Kita untuk Terus Bertumbuh

“You only grow by coming to the end of something and by beginning something else.”― John Irving, The World According to Garp

Kita semakin tumbuh dan bisa semakin panjang seiring dengan setiap akhir dan permulaan yang kita lalui. Memang kadang rasanya sedih saat mengakhiri sesuatu atau berada di sebuah titik akhir, tapi dari sini kita bisa lebih bijak dalam menerima realita dan keadaan yang ada. Kita akan terus didorong untuk melangkah ke depan dan melakukan hal-hal yang lebih baik untuk membuat kita lebih dewasa ke depannya. 

“When you reach the end of what you should know, you will be at the beginning of what you should sense.”― Kahlil Gibrán, Sand and Foam

Terima kasih sudah berjuang dan bertahan hingga akhir. Kini, saatnya untuk menyambut permulaan baru. Kuatkan hati, tegarkan lagi diri, karena perjalanan ke depan akan lebih berwarna lagi.

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Resep Bumbu Jagung Bakar Favorit Ini Patut Dicoba
Artikel Selanjutnya
Resolusi 2021: Sehat Finansial demi Masa Depan Bebas Cemas