Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Bumbu Semur Ayam Tidak Amis dan Rasanya Lebih Gurih

Fimela.com, Jakarta Punya daging ayam di rumah dan ingin memasak semur ayam yang sedap dengan bumbu yang mantap dan gurih? Beberapa orang mungkin tidak banyak yang tahu bagaimana cara membuat bumbu semur ayam yang sedap. Ini cara membuat bumbu semur ayam yang enak.

1. Rebus dulu ayam

Agar daging ayam tidak terasa amis atau menimbulkan bau kurang sedap, rebus dulu ayam atau diblanching hingga tidak ada darah yang masih keluar dan busanya keluar. Angkat dan tiriskan ayam, cuci bersih dari air rebusannya.

2. Jangan lupa bumbu rempah

Selain kecap manis yang cukup, poin penting memasak semur ayam adalah tidak meninggalkan peran bumbu rempah seperti daun salam, serai, merica, cengkeh, pala, jahe dan lengkuas agar bisa memberikan cita rasa lebih kaya, gurih dan sedap.

3. Dua jenis bumbu

Ada dua jenis bumbu semur ayam yang bisa dibedakan, yaitu bumbu utuh (biasanya berupa daun salam, serai, cengkeh, pala, jahe dan lengkuas) dan bumbu halus yang perlu ditumis dan memberikan rasa sedap alami untuk semur. Daripada dicincang atau dipotong-potong, menghaluskan bumbu akan mengeluarkan rasa lebih nikmat.

4. Tumis bumbu hingga matang

Kunci penting agar semur ayam terasa lebih nikmat adalah menumis bumbu halus hingga matang. Gunakan minyak yang tidak terlalu sedikit agar bumbu yang ditumis matangnya merata. Masukkan bumbu utuh setelah bumbu halus sudah setengah matang ketika ditumis sehingga kedua jenis bumbu matang dalam aktu bersamaan dan mampu mengeluarkan aroma sedap. Setelah itu masak ayam dalam waktu lama agar bumbunya meresap dan kuahnya mengental.

Itu dia sekian cara membuat bumbu semur ayam agar tidak amis dan rasanya lebih meresap ke dalam daging ayam. Silakan dicoba dan semoga bermanfaat.

#Elevate Women with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Resep Buka Puasa Serba Semur yang Sedap
Artikel Selanjutnya
5 Resep Serba Semur yang Cocok jadi Lauk Sehari-hari