Sukses

Lifestyle

8 Tips Feng Shui Kamar Tidur yang Mempengaruhi Percintaan-Cuan

Fimela.com, Jakarta Feng shui, perspektif kuno yang berakar pada keyakinan bahwa segala sesuatu termasuk penataan ruang kamar tidur memiliki energi, mirip seperti astrologi. Apakah kamu percaya atau tidak, feng shui yang tepat dipercaya menyeimbangkan energi yang mengalir ke dalam dan sekitar ruangan dan ikut berdampak pada wellbeing, hubungan percintaan, sampai isi dompet alias cuan. 

Konsultan feng shui tidak akan meminta kamu mengecat dinding dengan empat warna berbeda atau menempatkan tempat tidur pada sudut yang aneh di tengah ruangan. Sebaliknya, prinsip feng shui memungkinkan kita menjadi fleksibel dan membuat banyak ruang untuk pikiran lebih terbuka.

Selain itu desain furnitur dalam kamar tidur juga bisa mempengaruhi feng shui. Cobalah beberapa dari sembilan praktik feng shui dari Konsultan Feng Shui berbasis di New York Laura Cerrano seperti melansir dari mydomain.com;

1. Buat simetri

Satu hal yang terpenting dalam menata kamar tidur adalah menyisakan ruang yang sama di kedua sisi tempat tidur. "Ini adalah simbol untuk menciptakan ruang yang setara bagi kamu dan pasangan," jelas Cerrano.

Meski kadang ukuran kamar tidur tidak memungkinkan untuk pengaturan seperti ini, tidak apa untuk menyisihkan satu inci ruangan antara dinding dan tempat tidur daripada tidak sama sekali. Untuk kesemimbangan, coba letakkan dua meja samping dan lampu di setiap sisi tempat tidur. Bonusnya sisi simetri lebih enak dipandang.

 

2. Tetapkan posisi komando

Prinsip feng shui paling umum di kamar tidur adalah memiliki posisi komando atau memerintah. Ini berarti memposisikan tempat tidur kamu dengan sudut pandang yang jelas dari pintu kamar tidur.

Hasilnya memungkinkan kamu untuk secara harfiah melihat peluang apa yang mendekati hidup dan membuat semangat. Jika memiliki kamar mandi dalam kamar tidur, hindari menempatkan tempat tidur sejajar langsung dengan pintu kamar mandi.

 

3. Adaptasi konsep less is more

Mungkin kamu tergoda untuk memfungsikan kamar tidur sebagai tempat penyimpanan. Namun Cerrano memperingatkan agar tidak mengisinya dengan terlalu banyak barang.

Faktanya, satu studi tahun 2015 menunjukkan korelasi antara kekacauan kamar yang berlebihan dan gangguan tidur. Hal tersebut dapat menyebabkan depresi dan mudah tersinggung.

4. Batasi jumlah cermin

Cermin di kamar tidur mungkin tampak cocok bagi banyak orang, tetapi feng shui menyarankan agar tidak menggunakannya secara berlebihan. Ada berbagai pemikiran tentang hal ini, tetapi satu perspektif yang disetujui banyak konsultan, terlalu banyak cermin di kamar tidur menciptakan ketidakseimbangan energi.

Menurut prinsip feng shui, cermin punya kemampuan mengaktifkan energi dalam ruangan, namun yang terpenting adalah mengujinya sendiri karena setiap orang berbeda.

5. Miliki karpet dalam ruang tidur

Terkadang banyak orang menghindari karpet di kamar tidur karena harganya yang mahal. Namun Cerrano mengatakan ini adalah investasi berharga untuk tidur kamu.

Menambahkan permadani di bawah atau tempat tidur adalah cara lain membantu mengumpulkan energi saat tidur dan menciptakan keseimbangan antara yin (tekstur lembut) dan yang (permukaan keras).

"Memiliki dua karpet yang lebih kecil di setiap sus dapat mencapai efek serupa tanpa perlu harga yang mahal."

 

6. Hindari penyimpanan barang di bawah tempat tidur

Barang di bawah tempat tidur dapat menghalangi pola tidur karena pergerakan energi tidak dapat mengalir secara merata di bidang energi tempat tidur. Namun jika kamu memang perlu menyimpna barang di bawah tempat tidur, perhatikan siapa yang memberikan barang-barang tersebut dan konten emosional apa yang kamu asosisiasikan dengan mereka.

"Pakaian dan handuk masih bisa disimpan di bawah tempat tidur. Dan buku asalkan judul dan isinya positif."

 

7. Selalu rapikan tempat tidur

Praktik ini berbicara lebih tentang kebiasaan sehari-hari daripada tata letak atau dekorasi, namun sama pentingnya. "Tindakan sederhana ini menjadi pencapaian pertama kamu hari ini dan hanya butuh waktu dua menit," ujar Cerrano.

Merapikan tempat tidur setiap pagi dapat memulai pola pikir yang teratur dan membantu mengurangi stres juga meningkatkan motivasi. "Bisa juga ini menjadi bentuk self love kita."

8. Jaga warna tetap netral

Kita mungkin ingin mengecat kamar dengan warna kuning atau hijau terang, namun Cerrano menyarankan untuk kembali mempertimbangkannya. Sebab pilihan warna-warna netral saat mengecat dinding tidak terlalu merangsang energi saat tidur.

Ini dapat mencakup warna beige, krem, dan warna bumi lainnya. Bisa juga kita menyertakan beberapa tone sejuk seperti biru atau aksen pink dengan ukuran kecil.

 

Simak Video Berikut

#Elevate Women 

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Posisi Meja yang Dapat Meningkatkan Produktivitas Bekerja Menurut Feng Shui