Sukses

Lifestyle

Tes Kesehatan Jantung Sederhana dengan Naik Tangga

Fimela.com, Jakarta Jantung merupakan salah satu organ vital yang harus selalu kamu jaga kesehatannya. Mulai dengan berolahraga secara teratur, hingga makan makanan yang bergizi dan sehat, tanpa lemak jahat. Namun, memeliharanya saja belum cukup untuk mengetahui kesehatan jantung. 

Sementara melakukan pemeriksaan jantung rutin di rumah sakit merupakan cara yang ideal, kamu sebenarnya bisa menggunakan cara yang lebih sederhana dan gratis untuk melakukan tes sederhana terhadap kemampuan dan kualitas fungsi jantungmu. 

HealthLine menulis, para peneliti di Spanyol melakukan sebuah studi yang menunjukkan kalau seseorang bisa naik 4 rangkaian anak tangga dalam waktu kurang dari semenit, berarti kesehatan jantungnya masih baik. 

"Tes menggunakan tangga ini merupakan cara mudah untuk memeriksa kesehatan jantung," kata Dr. Jesus Peteiro, seorang ahli jantung di University Hospital Coruna. Jesus melanjutkan, jika kamu membutuhkan lebih dari satu setengah menit untuk naik ke lantai 4 menggunakan tangga, maka kamu mungkin perlu untuk memeriksakan dirimu ke dokter. 

Studi Belum Dipublikasikan

Namun, studi ini belum dipublikasikan dalam jurnal sains dan kedokteran. Untuk itu, sementara kamu bisa melakukan tes ini sendiri, tetap saja memeriksakan dirimu ke dokter ahli merupakan pilihan paling tepat untuk mengetahui kesehatan jantungmu secara akurat. 

Dalam studi ini, terdapat 58% partisipan yang membtuuhkan waktu lebih dari 1,5 menit untuk naik tangga ke lantai 4. Sementara, hanya ada 32% dari partisipan yang berhasil menaiki tanggal ke lantai 4 dalam waktu kurang dari semenit. 

#elevate women

Simak Video Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Tepat Bersepeda yang Menunjang Kesehatan Jantung Berdasarkan Buku Saku