Sukses

Lifestyle

4 Tips Sederhana yang dapat Membantu Menghindari Rasa Kesepian

Fimela.com, Jakarta Semua orang pasti tidak sendirian dalam merasakan kesepian. Kesepian adalah masalah kesehatan mental yang signifikan. Kita tentu pernah merasakan kesepian meskipun kita berada di antara banyak orang. Jika dirimu salah satu dari jutaan orang yang merasa kesepian, baik dirimu lajang, hidup sendirri, sedang melalui fase transisi, berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat membantumu untuk mengubah persepsi tentang situasi.

Sadari Bahwa Kesepian Hanyalah Perasaan

Pahami bahwa kesepian adalah perasaan, bukan kenyataan tentang dirimu. Dirimu mungkin merasa sendirian dan terisolasi, tetapi itu jarang terjadi. Otak kita dirancang untuk berfokus pada perasaan sakit dan bahaya apa pun sehingga kita dapat melindungi diri sendiri dengan lebih baik jika diperlukan. Artinya, pikiran kita cenderung memprioritaskan pikiran dan perasaan menakutkan seperti kesepian. Itulah mengapa kesepian bisa terasa begitu membebani. Dan ketika otak mencoba memahami perasaan menakutkan ini, mudah untuk memulai kembali pemikiran dan hal-hal menjadi tidak proporsional.

Identifikasi Pikiran Negatif

Saat dirimu kesepian dan sedih, ini adalah hal yang umum untuk mulai melihat diri dan dunia di sekitarmu dalam pandangan negatif. Dirimu bisa menjadi begitu termakan oleh hal-hal negatif sehingga tidak menyadari hal-hal positif yang terjadi pada dirimu. Pikiran yang paling mungkin dirimu miliki saat merasa kesepian adalah dirimu sendirian karena tidak ada yang menyukaimu atau bahwa dirimu tidak cukup baik untuk berada di dekat orang lain.

Saat dirimu mulai mengidentifikasi pikiran negatif, dirimu akan dapat menggantinya dengan pikiran yang lebih rasional dan positif, yang akan membantumu mulai membangun narasi yang lebih positif tentang kehidupanmu.

Buat Rencana

Saat dirimu mengembangkan kesadaran diri yang lebih baik dan menyadari bahwa sedang menghadapi emosi yang biasa, dirimu dapat mulai membuat rencana untuk membantu diri melawan perasaan kesepian. Jangkau orang-orang di sekitamu. Terlibatlah dengan komunitas, atau temukan hal lain untuk dilakukan yang akan membuatmu sibuk sehingga dirimu tidak akan menghabiskan banyak waktu sendirian.

Perlakukan Diri dengan Kasih Sayang

Alih-alih berpikir bahwa dirimu membutuhkan orang lain untuk memberi cinta, kasih sayang, dan penerimaan, dirimu juga bisa memberikan hal tersebut kepada diri sendiri. Bersikap baik kepada diri sendiri. Tunjukkan cinta pada dirimu dengan merawat diri sendiri, buatlah makanan sehat untuk diri sendiri. Jangan lupa untuk bersyukur atas apa yang dirimu miliki saat ini.

Perasaan kesepian sebenarrnya dapat dihindari dengan melakukan beebrapa aktivitas aktif seperti mendalami hobi atau melakukan hobi baru dan tetap terhubung dengan orang-orang yang ada di dekitar kita.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

;
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Resep Pilihan Bolu Kukus Lembut tanpa Pewarna
Artikel Selanjutnya
Quiz: Cek, Yuk Bulan Keberuntungan Percintaan Zodiak di 2021