Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Umum Muncul Rasa Kesepian di Tengah Keramaian

Fimela.com, Jakarta Pernah merasakan sesuatu yang "aneh"? Saat berada di tengah keramaian kita malah merasa begitu kesepian. Saat dikelilingi banyak orang bahkan orang-orang terdekat sekali pun, tiba-tiba saja muncul perasaan cemas berlebihan menghadapi kesendirian. Sebenarnya apa penyebab kita bisa merasa begitu kesepian di tengah keramaian?

Faktor penyebabnya bisa karena berbagai hal. Banyak hal yang memengaruhi situasi yang tiba-tiba terasa begitu sepi dan sendiri di tengah hiruk pikuk yang bising. Berikut ini beberapa penyebab umumnya. Siapa tahu dengan mengetahui sumber penyebabnya, kita tak lagi terlalu cemas berlebihan menghadapi perasaan sepi.

1. Sedang Butuh Ketenangan

Bisa jadi saat ini kamu sedang butuh ketenangan. Berada di keramaian atau bersama banyak orang malah menambah stres dan membuatmu makin tertekan. Mungkin ini saat yang tepat untuk  benar-benar menepi dan menyepi sejenak. Menikmati waktu sendirian bisa sangat membantu menenangkan pikiran. Kadang kita butuh sepi untuk bisa kembali menata hati dan jiwa kita. Di tengah berbagai macam kesibukan dan rutinitas, kita pun perlu untuk istirahat dan menstabilkan diri.

2. Terlalu Berlebihan dalam Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Ada rasa gelisah setiap kali melihat atau bertemu banyak orang. Benak kita tak hentinya membandingkan diri kita dengannya. Bahkan saat melihat media sosial, kita malah merasa makin tak tenang karena semakin merasa terkucilkan. Merasa inferior karena selalu menganggap hidup orang lain selalu lebih baik dari hidup kita bisa jadi memunculkan perasaan kesepian.

3. Kehilangan Rasa Percaya

Baik rasa percaya terhadap diri sendiri maupun terhadap orang lain. Setiap kali melihat wajah orang lain, kita merasa dia sedang mengenakan topeng kepalsuan. Ada kebohongan dan rahasia-rahasia yang sengaja ia sembunyikan dari kita. Saat kita menatap diri sendiri di cermin pun, kita merasa kesal dengan pantulan wajah kita sendiri. Bisa jadi kamu sedang stres atau sedang mengalami masalah yang cukup serius. Tak ada salahnya untuk mencari bantuan atau pertolongan untuk memperbaiki suasana hatimu.

4. Takut Dihakimi Orang Lain

Saat tak ada orang yang bisa kita jadikan sandaran, kita perlu mengandalkan diri kita sendiri. Hanya saja kadang kita terlalu membenani diri kita untuk membahagiakan semua orang. Kita merasa terbebani dengan tuntutan untuk memenuhi standar semua orang. Ada perasaan takut dihakimi yang kemudian menghadirkan perasaan kesepian yang datang dengan begitu tiba-tiba. 

5. Masih Ada Trauma akan Suatu Hal

Mungkin ada trauma yang belum hilang dari masa lalu. Bisa jadi ada luka dari sebuah hubungan atau relasi yang masih butuh waktu untuk bisa sembuh. Seakan kamu merasa takut membiarkan orang lain mengenalmu. Kamu pun kemudian memasang semacam pagar yang membentengi dirimu. Hal ini yang kadang membuat kita merasa tersisihkan karena kita sendiri lah yang menutup diri.  Berinteraksi dan saling terhubung dengan orang lain menjadi hal yang masih sulit untuk dilakukan.

Tak perlu langsung menghakimi diri atau malah terlalu keras pada dirimu sendiri ketika sebenarnya yang sedang kamu butuhkan adalah berbaik hati pada diri sendiri. Kamu bukan satu-satunya orang yang pernah merasa kesepian di tengah keramaian. Pada fase-fase tertentu hidup ini, kita tak bisa menghindari hadirnya perasaan kesepian dan kesendirian.

#ChangeMaker

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tipe Perempuan yang Punya Pesona dan Kecantikan Alami
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mengatasi Rasa Jenuh sebagai Perempuan Dewasa