Sukses

Lifestyle

Dukung Bangkitnya Industri Pariwisata di Era Pandemi, Liburan Sehat 2021 di Indonesia Aja

Fimela.com, Jakarta Industri pariwisata menjadi salah satu sektor yang terkena dampak cukup besar selama pandemi virus corona berlangsung. Kegiatan berlibur dan traveling bahkan sempat terhenti 100% yang kemudian perlahan bangkit dengan segala keterbatasan dan konsekuensi.

Tak ingin berlarut-larut meratapi hal ini, pergantian tahun 2021 ditandai dengan rasa optimis semua kalangan di Pariwisata Indonesia, harapannya agar keadaan menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Saat ini seluruh pihak masih mencoba bangkit dari dampak yang ditimbulkan oleh pandemi virus corona covid 19 yang belum usai hingga saat ini.

Berbagai upaya dilakukan untuk bisa membuat industri pariwisata Indonesia bisa bertahan dalam kondisi krisis agar tidak menimbulkan dampak sosial ekonomi yang semakin tinggi. Liburan sehat adalah solusi yang wajib dilakukan tidak hanya pelaku usaha, tetapi juga para wisatawan yang ingin berlibur terutama di Indonesia. Tujuan utama saat ini adalah masyarakat bisa terlindungi dari virus corona covid 19 dan pariwisata Indonesia dapat perlahan dapat bangkit kembali. 

Untuk mendukung upaya pemulihan tersebut, @hotelketjeh sebagai media review hotel membuat virtual talkshow bernama “Ketjeh Talks” – Liburan Sehat #DiIndonesiaAja yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada publik cara liburan yang sehat dan aman di masa pandemi ini dan juga memberikan inspirasi pilihan liburan di Indonesia aja. 

Ketjeh Talks kali ini hadir dengan narasumber yaitu Yulia Maria Director Marketing Communications ARTOTEL Group, dr. Grace Hananta, C.Ht Komite Kampanye Publik Gerakan Pakai Masker, Maria Susana Head of Affinnity & Direct Sompo Insurance Indonesia, Prima Wahyudi, ST Humas Genpi (Genarasi Pesona Indonesia) dan Banadhi Kurnia Dewi (Onad Cherrybelle) Putri Pariwisata Indonesia Intelegensia 2017. Para pembicara memberikan sharing mengenai tips dan trik liburan sehat ketika liburan di Indonesia selama masa pandemi. Tak hanya itu, acara ini juga ingin menyampaikan betapa industri pariwisata membutuhkan dukungan yang sangat besar dari masyarakat.

“Di awal tahun 2021 ini memang pandemi covid 19 belum usai, bahkan banyak terjadi kasus dengan jumlah cukup tinggi di beberapa daerah di Indonesia, hal ini membuat kita harus berpikir dengan matang ketika ingin memutuskan untuk liburan. Ketika sudah berpikir dengan matang, tentu liburan yang sehat adalah kuncinya agar kita bisa berlibur tapi terhindar dari virus covid 19. Dan liburan di Indonesia aja karena Indonesia itu keren banget serta kita juga bisa saling membantu sesama untuk bangkit dari situasi saat ini, jangan khawatir karena banyak fasilitas yang sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik” ujar Reylando Eka Putra selaku kreator dari Hotel Ketjeh. 

“Sebelum masa pandemi covid 19 ini, hotel adalah tempat yang memang sudah terjaga kebersihan dan kesehatan bahkan standarnya itu dibawah dari industri rumah sakit yang dikenal sangat ketat untuk kebersihan. Di ARTOTEL Group ketika pandemi kami meningkatkan standar kebersihan yang sudah ada menjadi lebih ketat agar tamu menjadi nyaman dan terhindar dari virus covid 19 ketika staycation. Tidak hanya itu kami di ARTOTEL Group membuat strategi dengan memberikan banyak pilihan kegiatan untuk tamu yang staycation seperti kegiatan melukis, yoga dan juga kegiatan workshop online bersama pelaku industri kreatif, hal ini bertujuan agar tamu nyaman dan mempunyai kegiatan selama staycation tanpa harus berpergian”  kata Yulia Maria selaku Director Marketing Communications ARTOTEL Group.   

 

Berlibur dengan Penerapan Protokol Kesehatan yang Tepat

Hidup berdampingan dengan masa pandemi menjadi tantangan tersendiri. Meski dipenuhi rasa khawatir, penerapan protokol kesehatan menjadi salah satu hal utama yang harus diandalkan demi melanjutkan jalannya kehidupan.

“Berlibur di masa pandemi covid 19 itu boleh saja karena liburan saat ini adalah satu kebutuhan bagi manusia, banyak kejadian kalau tidak liburan bisa membuat kita tidak happy dan mungkin bisa sakit. Kita saat ini hidup berdampingan dengan covid 19, jadi kita harus liburan yang sehat dan bertanggung jawab dengan diri sendiri. Menjaga protokol kesehatan dengan ketat adalah hal yang wajib seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, ini kesemua adalah satu kesatuan jangan sampai ada yang terlupakan. Dan satu hal yang tak kalah penting adalah jangan lupa untuk test swab diri sendiri dan pihak yang ikut serta ketika kita liburan, memang menimbulkan biaya tambahan tapi itu adalah cara yang aman untuk mengetahui penyebaran virus covid  19” ujar dr. Grace Hananta, C.HT selaku Komite Kampanye Gerakan Pakai Masker. 

Selain fokus dalam menerapkan protokol kesehatan yang tepat, pastikan juga setiap individu memilki asuransi perjalanan yang dapat melindungi beragam risiko agar tidak mengancam kesehatan finansial keluarga.

“Asuransi perjalanan adalah sebuah perlindungan yang penting secara financial, karena basic-nya sama dengan asuransi pada umumnya yaitu bagian dari financial management. Di mana dapat meringankan hal-hal yang tidak kita inginkan selama perjalanan dalam melakukan kegiatan liburan  terutama mengenai kesehatan. Dengan memakai asuransi perjalanan kita sudah bisa transfer kurang lebih 50% rasa takut kita akan faktor kesehatan selama kita liburan. Dan banyak tidak tahu bahwa biaya asuransi perjalanan itu sebenernya murah jika dibandingkan dengan segelas kopi kekinian tapi manfaat yang didapat bisa banyak dan sangat membantu” sebut Maria Susana Head of Affinity & Direct Sompo Insurance Indonesia

Prima Wahyudi selaku Humas dari GENPI menambahkan, Genpi (Generasi Pesona Indonesia) sebagai komunitas anak muda yang didirikan oleh kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tahun 2016 bertujuan untuk membantu mempromosikan objek wisata di  Indonesia agar bisa viral dan dikenal oleh masyarakat luas. GENPI mendukung untuk anak–anak muda pada saat pandemi ini agar liburan yang sehat dan di Indonesia aja. Perlu diingat, Indonesia memiliki banyak sekali lokasi wisata indah dan keren.

Menurut Banadhi Kurnia Dewi, sebagai Putri Pariwisata Indonesia Intelegensia 2017 di masa pandemi ini Ia sudah melalukan liburan ke beberapa tempat yang indah dan keren di Indonesia seperti ke Desa wisata di Kuningan dan juga ke Bali. Setiap berlibur, ia sangat memperhatikan protokol kesehatan yang ketat dan saling mengingatkan sesama teman akan penerapannya supaya jangan ada yang lupa atau lalai. 

Berkolaborasi juga dengan ARTOTEL Group, Gerakan Pakai Masker, Sompo Insurance Indonesia, Genpi, Loket.com, Checklist Project dan Dompet Dhuafa, Ketjeh Talks membuka kesempatan untuk para peserta berdonasi bagi korban terdampak Covid-19 dengan membeli tiket di Loket.com dan memberikan donasi melalui Dompet Dhuafa. Tidak hanya itu, di acara ini juga para peserta berkesempatan mendapatkan doorprize  berupa voucher menginap di ARTOTEL Group dan paket travel dari Sompo Insurance Indonesia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading