Sukses

Lifestyle

Kemensos Beri Bantuan Sosial Rp300ribu untuk Pemilik KIS, Pastikan Namamu Terdaftar

Fimela.com, Jakarta Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp300ribu kepada pemilik kartu KIS. Kamu bisa memeriksa nama penerima bantuan sosial ini melalui laman Kemensos di dtks.kemensos.go.id.

Secara resmi Presiden Joko Widodo meluncurkan program bantuan sosial tunai ke seluruh Indonesia untuk 2021. Penyaluran bantuan sosial ini menjadi program lanjutan dan sudah masuk ke dalam APBN 2021.

"Tahun 2021 ini penyaluran bantuan sosial akan terus kami lanjutkan dan dalam APBN 2021 telah disiapkan anggaran sebesar Rp110 triliun untuk seluruh penerima dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote," kata Presiden.

Menteri Sosial Tri Rismaharini menjelaskan rincian tiga bantuan sosial yang di salurkan. Yakni Program Keluarga Harapan, Program Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai. Bantuan Sosial Tunai ini akan diberikan selama empat bulan. Terhitung sejak Januari hingga April 2021 dengan Rp300ribu per bulan per KK.

 

Cek penerima bantuan sosial

Kemensos pun menetapkan syarat penerima bantuan sosial BST Rp300ribu ini. Di antaranya adalah1. Calon penerima adalah masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/RW dan berada di Desa.2. Calon penerima adalah mereka yang kehilangan mata pencaharian di tengah pandemi Covid-19.3. Calon penerima tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial (bansos) lain dari pemerintah pusat.

Bagi masyarakat yang hendak mendapatkan BST Rp300ribu dari Kemensos dapat memeriksa nama penerima dengan menggunakan kartu KIS atau Kartu Indonesia Sehat. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka link https://dtks.kemensos.go.id
  2. Pilih ID, Anda bisa memilih salah satu identitas yang akan dicek (NIK, ID DTKS atau nomor PBI JK/KIS). Pilih KIS.
  3. Masukkan nomor Kartu Indonesia Sehat (KIS).
  4. Masukkan nama sesuai KIS.
  5. Ketik ulang kode Captcha yang sesuai dengan tampilan secara tepat
  6. Klik kata 'cari' lalu akan muncul data apakah Anda penerima bantuan sosial bansos BST.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

;
Loading