Sukses

Lifestyle

Idap Penyakit Usus Kronis dan Harus Hidup dengan Kantong untuk Buang Air Besar di Perutnya, Pria Ini Justru Bangga

Fimela.com, Jakarta Hari Natal di tahun 2016, Chris Beeley baru saja pulih dari operasi transplantasi hati di bulan Mei, sehingga ia harus menghentikan kolangitis sklerosis primernya, penyakit hati degeneratif, yang tanpa transplantasi dapat menyebabkan sirosis dan kematian. Sekarang, Chris berulang kali dirawat di rumah sakit karena masalah kesehatan yang lain, penyakit usus kolitis ulserativa sejak September tahun 2020.

Wajahnya kuning, ia terengah-engah di sebuah restoran bersama keluarganya, yang semuanya yakin bahwa Chris bisa pingsan kapan saja. Kolitis ulserativa adalah kondisi kronis di mana usus besar dan rektum dapat meradang dan nyeri, penyakit usus yang telah merusak hidup Chris selama hampir 25 tahun.

Gejala awalnya dirasakan oleh Chris sejak 11 tahun lalu dan kehidupannya yang penuh tekanan justru memperburuk keadaan. Gejala utama penyakit usus ini adalah sakit perut dan diare.

 

 

Chris telah bertahan dengan kantong tersebut selama 3,5 tahun sekarang

Penyakit ini juga dapat menyebabkan anemia dan ini terjadi dalam kasus Chris, kadang-kadang parah, membuatnya merasa sangat lelah dan sesak napas. Chris keluar masuk rumah sakit sampai dirinya melakukan operasi pemasangan ileostomi pada Agustus 2017.

Chris telah menjalani ileostomi selama 3,5 tahun sekarang. Hal pertama yang harus dibiasakan adalah mengganti tasnya.

Ileostomi adalah pemasangan katong dan selang untuk buang air besar dari lubang perut. Chris tidak merasakan apapun setelah itu, karena ileostomi membuatnya buang air tanpa peringatan.

Chris bangga hidup dengan kantongnya saat ini, bukti bahwa dirinya bisa bertahan hidup

Pertama kali membuang kotorannya dan mengganti kantong dengan yang baru, Chris merasa seperti baru saja mengendarai sepeda untuk pertama kalinya. Namun, setelah 3 bulan, ia tidak memikirkannya lagi, bahkan ketika ia bangun dengan keadaan kantong yang bocor.

Chris bahkan menceritakan bahwa hubungan seks dengan istrinya dapat dilakukan dengan baik, walaupun ia harus tetap mengenakan kantong di bagian depan tubuhnya. Chris mengakui bahwa dirinya jadi menyukai ileostomi, ia bangga memiliki kantong tersebut.

Bagi Chris, sungguh luar biasa bisa mendapatkan ileostomi, ia menganggapnya sebagai pengingat bahwa ia adalah salah seorang yang selamat. Kantong tersebut menjadi pengingat konstan bagi Chris bahwa ia tidak hanya bisa menghadapi ketakutannya, namun juga bertahan dan berkembang.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading