Sukses

Lifestyle

4 Makanan yang Bisa Dikonsumsi saat Sulit Tidur

Fimela.com, Jakarta Saat sulit tidur, biasanya perasaan sangat gelisah. Tubuh butuh istirahat tapi mata tak kunjung terpejam. Sudah letih luar biasa tapi rasanya pikiran tak kunjung bisa diajak kompromi untuk tenang. Masalah sulit tidur kadang cukup sulit untuk diatasi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah sulit tidur adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Mengutip laman independent.co.uk, Sammy Margo, penulis The Good Sleep Guide, mengungkapkan bahwa ada jenis makanan tertentu yang bisa membantu kita untuk mendapat tidur nyenyak. Berikut beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi untuk mengatasi masalah sulit tidur.

1. Buah Pisang

Buah pisang kaya akan magnesium. Kandungan magnesium ini bisa bantu merilekskan otot-otot tubuh. Selain itu, buah pisang juga mengandung serotonin dan melatonin yang dapat membantu kita mendapat tidur nyenyak.

2. Kacang Almond

Selain memiliki kandungan lemak sehat, kacang almond juga kaya akan triptofan dan magnesium, Kandungan tersebut dapat membantu menstabilkan ritme jantung. Sehingga bisa membantu kita bisa lebih rileks dan dapat tidur dengan lebih nyenyak.

 

3. Madu

Sudah berupaya untuk tidur tapi tak kunjung bisa memejamkan mata? Coba tuang 1 sdt madu ke air hangat dan larutkan. Menikmati segelas air madu hangat bisa menstimulasi pelepasan melatonin di otak dan menghentikan pelepasan orexin (yang membuat kita terjaga). Sehingga memudahkan kita untuk bisa merasa lebih rileks untuk cepat tidur.

4. Biji Sereal Utuh (Oats)

Biji sereal utuh kaya akan vitamin, mineral, dan asam amino yang dapat memicu produksi melatonin yang membantu kita untuk cepat tidur. Selain itu, biji sereal utuh juga dapat memicu produksi insulin dan meningkatkan gula darah dengan lebih stabil.

Saat mengalami kesulitan tidur, bisa luangkan waktu untuk mengonsumsi makanan di atas. Lalu ambil jeda selama setidaknya satu jam sebelum kembali ke tempat tidur. Selain itu, hindari minuman beralkohol, minuman berkafein, keju, makanan pedas, dan makanan berlemak jika mengalami insomnia atau sulit tidur.

Semoga info di atas bermanfaat. Bila masalah insomnia atau kesulitan tidur terus berlanjut, ada baiknya untuk segera menghubungi dokter.

 

 

#ElevateWomen

;
Loading