Sukses

Lifestyle

4 Manfaat Mengonsumsi Singkong sebagai Alternatif Karbohidrat Sehat

Fimela.com, Jakarta Singkong bisa menjadi salah satu alternatif sumber karbohidrat yang sehat. Bahkan bagi yang sedang diet, bisa mengganti nasi dengan singkong sebagai sumber energi. Selain itu, singkong punya banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Melansir laman wellandgood.com, singkong kaya akan vitamin C dan antioksidan. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini, ya.

1. Membantu Mencukupi Kebutuhan Vitamin C

Satu cangkir singkong matang mengandung 29 mg vitamin C, atau sekitar 39% dari kebutuhan vitamin C yang direkomendasikan. Kandungan vitamin C dalam singkong bisa sangat membantu kita menjaga kekebalan tubuh agar tidak gampang sakit. Selain menjaga kekebalan tubuh, kandungan vitamin singkong bisa juga membantu produksi kolagen alami.

2. Mencegah Inflamasi

Singkong kaya dengan kandungan antioskidan. Ada senyawa fenolik dalam singkong yang memiliki kandungan anti inflamasi. Sehingga singkong bisa jadi salah satu sumber karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi rutin.

 

3. Memberi Energi yang Cukup untuk Tubuh

Kita tahu bahwa karbohidrat bisa memberi energi yang cukup bagi tubuh untuk beraktivitas. Singkong pun demikian. Bisa memberi energi yang cukup untuk tubuh. Tapi tidak hanya itu saja, singkong yang merupakan karbohidrat kompleks memiliki kandungan vitamin, antioksidan, dan serat tidak larut yang baik untuk kesehatan.

4. Menjaga Keseimbangan Gula Darah

Singkong kaya akan serat. Dalam satu cangkir singkong, terdapat empat gram serat. Kandungan seratnya ini bisa membantu menyeimbangkan gula darah, menurunkan kadar kolesterol darah, dan menjaga kesehatan pencernaan. Ketika kondisi gula darah dan pencernaan sehat, maka imunitas tubuh pun akan ikut terjaga dengan baik.

Singkong juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Wah, ternyata singkong punya banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Pastikan ketika mengolah singkong benar-benar dalam keadaan matang, ya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading