Sukses

Lifestyle

Selandia Baru Jadi Negara Terbaik Tangani COVID-19, Indonesia ada di Urutan ke 85

Fimela.com, Jakarta Selandia Baru dinobatkan sebagai negara terbaik di dunia dalam penanganan pandemi COVID-19. Sementara, Indonesia berada di urutan ke-85 dari 98 negara yang dianalisis oleh The Lowy Institute, sebuah lembaga think tank yang berbasis di Australia.

Dilansir dari ABC Australia, The Lowy Instutite melansir sebuah laporan yang berjudul Covid Perfomance Index. Lowy Institute mengumpulkan banyak data untuk menghasilkan informasi dan menilai penanganan COVID-19 di hampir 100 negara.

Selain Selandia Baru, laporan tersebut juga menyebut 10 negara yang menangani COVID-19 dengan baik. Di antaranya Vietnam, Taiwan, Thailand, Siprus, Rwanda, Islandia, Australia, Lativia, dan Sei Lanka. Negara-negara tersebut memiliki lebih sedikit kasus COVID-19 dan angka kematian yang dilaporkan baik secara agregat maupun perkapita.

98 negara yang dianalisis mendapatkan evaluasi selama 36 pekan dengan menggunakan data yang tersedia hingga 9 Januari 2021. China tidak termasuk dalam daftar tersebut dikarenakan kuranganya data yang tersedia untuk umum.

 

Amerika dan Eropa kewalahan

The Lowy Institute mempertimbangkan jumlah kasus COVID-19 yang terkonfirmasi, kematian yang dikonfirmasi, kasus yang dikonfirmasi sebagai proporsi tes, dan tes perseribu orang. Herve Lemahieu dari Lowy Institute menyebut negara dengan populasi kurang dari 10 juta orang terbukti lebih gesit dalam penangangan COVID-19 dibandingkan mayoritas negara yang lebih besar jumlah penduduknya.

Hal ini terbukti dengan ambruknya Amerika Serikat dan Eropa yang memiliki jumlah kasus positif dan kematian cukup tinggi. Bahkan Amerika Serikat dan Eropa tergolong kewalahan oleh penyebaran COVID-19 yang sangat cepat.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Loading
Artikel Selanjutnya
Awal Ramadan, Anisa Rahma Positif Covid-19 Hingga Gunakan Alat Bantu Pernapasan
Artikel Selanjutnya
Waspadai Parosmia Setelah Terinfeksi COVID-19, Indra Penciuman Menjadi Sangat Kacau