Sukses

Lifestyle

4 Menu Kue Khas Perayaan Imlek yang Bermakna Keberuntungan

Fimela.com, Jakarta Memasuki bulan Februari, nuasanya merah dan emas mengihiasi dan mendominasi setiap tempat. Hal ini menandakan dimulainya perayaan tahun baru Cina atau Imlek yang akan segera tiba.

Imlek pun identik dengan beragam simbol yang melambangkan kemakmuran, panjang umur, dan keberuntungan. Perayaan ini juga biasanya, dirayakan dengan membagikan angpau atau hidangan kuliner yang melambangkan keberuntungan.

Nah, berikut ini kita ulas beberapa menu kue yang identik dengan perayaan Imlek, dan bisa juga menjadi rekomendasi untuk memberikan hantaran kepada orang terkasih. Mari kita simak.

1. Kue Ku

Kue Ku merupakan kue dengan warna merah terang, yang merupakan lambang kemakmuran. Kue ku berbentuk lonjong dan terbuat dari tepung beras yang memiliki isi kacang hijau halus.

Biasanya di atas kue ku ini ada cetakan dengan gambar-gambar yang juga identik dengan keberuntungan di tahun yang baru. Kue ku ini terasa manis dan memang dimakan ketika Imlek karena melambangkan keberuntungan dan umur panjang, dengan harapan bahwa siapapun yang menyantapnya akan terus menjadi sehat sepanjang tahun.

2. Kue bulan

Kue bulan atau moon cake memang merupakan menu kue yang biasanya ada dan disantap ketika merayakan Festival Musim Gugur. Tapi tidak jarang juga kue bulan ini muncul ketika perayaan Imlek.

Kue tradisional yang legendanya sudah ada sejak dinasti Ming ini biasanya berbentuk bulat, karena dipercaya bahwa bentuk bulat ini melambangkan kebulatan dan keutuhan. Jadi siapapun yang memakannya akan mengalami keutuhan, dalam segi rezeki, kemakmuran, kesehatan, dan keberuntungan!

3. Kue Wajik

Dari sekian banyak kue-kue yang telah disebutkan di atas, kue berikut ini juga dipercaya membawa keberuntungan. Kue wajik, yang terbuat dari beras ketan dan kemudian dicampur dengan gula merah ini pastinya lezat dan manis.

Dengan bentuknya yang menyerupai jajaran genjang, kue dengan bentuk mirip gunung ini dipercaya melambangkan cita-cita. Sehingga ketika disantap, harapannya adalah di tahun yangbaru ini, semua cita-cita si pemakan akan tercapai.

Selain itu, bentuknya yang memang agak tinggi juga melambangkan harapan kepada keluarga. Kemudian, dengan teksturnya yang lengket, dipercayai bahwa kedekatan satu sama lain dalam keluarga bisa menjadi suatu hal yang manis di tahun yang baru.

4. Sunrise Pie

Sahabat Fimela juga dapat mencoba kreasi Ann’s Bakehouse & Creamery yaitu Sunrise Pie. Mirip dengankue-kue di atas, Sunrise Pie melambangkan terbitnya matahari yang dipercaya akan membuat harimu cerah. Ketika memesan kue ini hingga tanggal 28 Februari 2021, akan mendapatkan gratis satu pack Angpao. Pastinya kombinasi dari Sunrise Pie dan Lapis Legit ini akan membuat perayaan Imlek di rumah semakin meriah.

 

#elevate women

Loading