Sukses

Lifestyle

Pandemi Corona Belum Usai, Mendikbud Nadiem Makarim Tiadakan UN 2021

Fimela.com, Jakarta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim kembali meniadakan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan tahun ini. Keputusan ini tertuang dalam Surat Edaran Mendukbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan Peserta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19. 

"Berkenaan dengan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) yang semakin meningkat maka perlu dilakukan langkah responsif yang mengutamakan keselamatan dan kesehatan lahir dan batin peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan," bunyi SE tersebut, seperti dikutip dari Liputan6. 

Dengan adanya keputusan ini, UN serta ujian kesetaraan tak menjadi syarat kelulusan siswa. Kelulusan akan ditentukan oleh rapor serta perilaku baik dan ujian sekolah yang sudah diubah konsepnya. 

"Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan/program pendidikan setelah menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester; memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik, dan c. Mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan," sebut aturan itu.

Ujian Sekolah di Tengah Pandemi

Ujian sekolah nantinya akan dilaksanakan dalam bentu portofolio. Isinya terdiri dari evaluasi nilai rapor, sikap, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya. Penugasan dan tes secara luring atau daring juga bisa menjadi penentu kelulusan. 

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading