Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Cimol Goreng Empuk Anti Meledak dan Takaran Sendok

Fimela.com, Jakarta Membuat cimol sendiri di rumah seringkali banyak tantangannya, beberapa tantangan yang sering dihadapai banyak orang adalah cimol yang meletus atau meledak saat digoreng dan teksturnya yang alot atau tidak empuk sehingga susah dikunyah. Jika ingin membuat cimol sendiri yang tidak meledak dan empuk, ini dia resep yang bisa dicoba.

Bahan:

  • 12 sdm tepung tapioka
  • 1 sdm tepung terigu
  • 1,5 tepung beras
  • air panas secukupnya

Bumbu:

  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk

Cara Membuat:

  1. Masukkan semua tepung dengan semua bumbu. Aduk rata.
  2. Rebus air hingga mendidih, tuang ke dalam adonan cimol, aduk rata dengan spatula atau sendok sedikit demi sedikit, jangan sampai terlalu encer atau terlalu basah.
  3. Uleni dengan tangan jika sudah tidak terlalu panas hingga bisa dipulung. Ambil adonan secukupnya, buat adonan memanjang, potong-potong kecil, bulatkan.
  4. Siapkan minyak di penggorengan, jangan dinyalakan dulu apinya. Masukkan cimol ke dalam minyak yang masih dingin. Setelah wajan cukup penuh, nyalakan kompor dan goreng cimol hingga matang dengan api kecil. Aduk-aduk agak tidak menempel satu sama lain. Angkat dan tiriskan jika sudah mengembang putih.
  5. Jika masih banyak cimol yang belum digoreng, segera matikan api, tunggu hingga agak dingin. Masukkan cimol lainnya yang belum digoreng dan nyalakan kompor lagi.
  6. Ulangi proses ini hingga cimol tergoreng semua.

Cimol tidak akan meledak jika dimasukkan ke dalam minyak dingin terlebih dahulu. Nikmati cimol anti meledak bertekstur empuk dengan taburan bumbu balado atau cabai bubuk.

#ElevateWoman with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Resep Cimol Goreng Anti Meledak yang Mudah Dibuat di Rumah