Sukses

Lifestyle

Jangan Anggap Remeh, Ini 5 Hal yang Perlu Dilakukan saat Bekerja Dari Rumah

Fimela.com, Jakarta Sudah hampir setahun sejak pandemi virus korona melanda, membuat kita memaksa bisnis dan industri untuk menutup kantor mereka dan terus bekerja jarak jauh untuk saat ini. Pengalaman kerja jarak jauh masih cukup baru karena banyak karyawan yang belum puas dengan ide tersebut. Maka, banyak yang akhirnya membuat kesalahan saat bekerja dari jarak jauh yang tanpa disadari memengaruhi produktivitas kerja mereka. berikut ini adalah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat bekerja dari rumah.

Jangan Bekerja di Tempat Tidur atau Sofa

Saat bekerja dari rumah, dirimu dapat bekerja dengan sangat nyaman di kehangatan rumah. Meskipun itu benar, dirimu akhirnya melakukan kerja di tempat tidur atau sofa dan mulai mengerjakan pekerjaan laptop tanpa menganalisis betapa berbahayanya hal itu bagi kesehatan fisik dan mental. Posisi duduk yang membungkuk atau jongkok, dapat memengaruhi postur tubuhmu. Jadi saat bekerja dari rumah, cobalah untuk tetap bekerja di meja, dan kursi sederhana untuk menghindari bekerja dengan santai di tempat tidur atau di sofa.

Selalu Berkomunikasi dengan Tim

Bekerja secara terpisah dapat melelahkan, karena komunikasi yang kurang lancar dapat terjadi. Bekerja jarak jauh meningkatkan kemungkinan miskomunikasi dan karyawan mungkin juga merasa diabaikan. Jadi, manajer tim harus memastikan ada komunikasi yang memadai melalui pesan teks, panggilan audio atau video untuk mengetahui tugas, status proyek, produktivitas kerja karyawan dan memastikan mereka tidak menghadapi kendala.

Jangan Lupa Membuat Batasan

Akan selalu ada pekerjaan dan gangguan lain di rumah saat bekerja dari jarak jauh. Oleh karena itu, penting untuk mempertahankan struktur kerja bahkan di rumahmu, yaitu membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan, tetap dalam bagian tertentu dari rumah di mana tidak ada yang dapat mengganggumu dan membuat batasan tentang berinteraksi saat dirimu berada di tengah jam kerja. Ini membantumu tetap fokus pada pekerjaan dan tidak terganggu oleh hal-hal lain di rumah.

Jangan Mengabaikan Kesehatan

Ketika dirimu menghabiskan waktu di satu ruangan untuk bekerja, dirimu tidak menikmati aktivitas fisik kecil yang biasa dilakukan di kantor, seperti berjalan dari satu meja atau ruang konferensi ke ruang lain, berjalan ke kafetaria dan lainnya. Sebaliknya, di rumah, dirimu akan menemukan diri  dengan sakit punggung yang konstan, mati rasa di kaki dan banyak lagi. Tidak heran, beberapa bahkan lupa makan siang. Ini sangat penting bagimu untuk menjaga kesehatan saat bekerja karena itu harus selalu menjadi prioritas pertama terlepas dari tekanan di tempat kerja.

Jangan Pakai Baju Tidur saat Bekerja

Orang yang paling produktif dan sukses tidak pernah memakai piyama saat bekerja dari jarak jauh. Mengenakan setelan kerja biasa dan mendapatkan tampilan segar untuk hari itu, sebelum dirimu mulai bekerja akan memberi pola pikir dan sikap yang benar. Meskipun banyak yang merasa sangat sulit untuk mengikuti rutinitas ini, bagaimanapun juga seseorang harus berusaha untuk mencapai penampilan yang rapi dan rapi ini saat bekerja di rumah. Ini akan memberimu suasana kantor yang sama, bahkan di rumah.

Nah, kira-kira seperti apa nih kebiasaan Sahabat Fimela saat bekerja dari rumah? Yang jelas tetap bangun pagi dan melakukan aktivitas yang produktif ya! Tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading