Sukses

Lifestyle

Makin Jarang Merespons Orang Negatif, Makin Damailah Hidup Kita Sendiri

Fimela.com, Jakarta Dalam hidup ini, kita akan selalu dihadapkan dengan orang dengan berbagai karakter dan beragam latar belakang. Tak semua orang bisa memahami kita. Bahkan tak semua orang punya empati terhadap kita. 

Kadang ada saja orang-orang yang terus menyudutkan kita. Ada saja orang-orang yang mencari-cari kesalahan atau kekurangan kita. Menghadapi orang-orang negatif memang tidak mudah, tapi kita selalu punya pilihan untuk tidak selalu menanggapi mereka.

Kita Tak Bisa Selalu Memenuhi Ekspektasi Semua Orang

“If you spent your life concentrating on what everyone else thought of you, would you forget who you really were? What if the face you showed the world turned out to be a mask... with nothing beneath it?”― Jodi Picoult, Nineteen Minutes

Ini adalah kenyataan yang perlu kita terima. Kita tak bisa selalu memenuhi ekspektasi semua orang. Kita tak bisa memuaskan hati semua orang. Maka dari itu, tak ada gunanya juga merespons orang-orang negatif yang malah hanya akan menghancurkan hidup kita sendiri. Mending fokus pada makna yang ingin kita capai dan wujudkan dalam hidup kita ini. 

Fokus pada Kemampuan yang Kita Punya

Tak ada hal yang paling menjengkelkan bagi orang-orang yang selalu memandang remeh, selain melihat orang yang dibencinya malah bahagia atau makin sukses. Dengan kata lain, jika kamu ingin membuat orang-orang negatif di sekitarmu "menderita", kamu tinggal fokus untuk membuat prestasi atau pencapaian baru. Mungkin kesannya seperti membalas dendam, tapi daripada terus stres menghadapi kata-kata orang yang merusak kedamaian hidupmu, mending kerahkan energi untuk melakukan sesuatu yang lebih berarti. Hidupmu bukan untuk orang-orang yang terus mencari kelemahanmu.

Hidup Lebih Damai saat Kita Fokus pada Meningkatkan Kualitas Hidup Kita

“Expectation wasn't just about what people expected of you. It was about what you expected of yourself.”― Brandon Sanderson, Words of Radiance

Daripada buang-buang waktu dan energi merespons orang-orang negatif, mending kita fokus meningkatkan kualitas hidup kita sendiri. Hidup kita akan lebih damai dan tenang saat kita lebih berkonsentrasi pada apa yang bisa kita lakukan untuk hidup kita sendiri.

Semoga setiap pilihan yang kamu buat dalam hidup bisa membuat hidupmu terasa lebih bermakna. Tetap lakukan yang terbaik dalam hidup ini agar bisa menapaki tangga kehidupan yang lebih berwarna ke depannya.

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Bahayanya Menggantungkan Kebahagiaan pada Perhatian Orang Lain
Artikel Selanjutnya
Perempuan yang Bahagiakan Orangtua di Tengah Rumitnya Hidup Sendiri, Bahumu Tangguh