Sukses

Lifestyle

4 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka Bakar yang Membandel

Fimela.com, Jakarta Bekas luka bakar pada kulit memang menjengkelkan, selain tidak enak dilihat juga bisa memengaruhi penampilan yang berakibat pada menurunnya kepercayaan diri. Luka bakar pada kulit bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti sengatan listrik, percikan api, minyak panas, atau terpapar bahan-bahan kimia tertentu.

Cara menyembuhkannya pun beragam. Jika pada luka bakar yang cukup berat, harus disembuhkan dengan penanganan medis. Namun jika luka bakar masih terbilang ringan, misalnya yang terdapat pada kulit luar atau epidermis, maka cukup menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.

Berikut ini adalah bahan alami yang efektif menghilangkan bekas luka bakar yang membandel. Apa saja bahan-bahan alami tersebut, simak ulasan Fimela di bawah ini.

1. Madu

Selain dapat dikonsumsi, madu juga digunakan sebagai alternatif pengobatan. Madu berkhasiat untuk membantu mempercepat penyembuhan luka karena bisul, infeksi dan luka bakar. Madu memiliki sifat anti-inflamasi (anti radang) dan anti bakteri yang dapat membantu menyembuhkan bekas luka bakar ringan. Cukup dengan mengoleskan madu pada luka bakar dan ulangi secara rutin, maka luka bakar pun akan tersamarkan.

2. Lidah Buaya

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan ialah lidah buaya. Gel yang terdapat di dalam lidah buaya mengandung beberapa nutrisi seperti kalsium dan antioksidan yang mampu mempercepat pertumbuhan sel-sel keratnosit pada kulit dan memperkuat jaringan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat dari lidah buaya, hilangkan kulit luar pada daun lidah buaya, kemudian mengambil dagingnya yang berwarna putih. Setelah itu, ambil gel atau bagian lengket pada dagingnya dan oleskan secara merata pada bagian yang terkena bekas luka bakar sambil memijit halus, lalu, biarkan selama 15-30 menit. Setelah itu, cuci menggunakan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa mengulanginya secara rutin.

3. Minyak Kelapa

Tak hanya bermanfaat untuk kecantikan. Minyak kelapa juga berkhasiat menyembuhkan luka bakar. Selain mengandung omega dan asam lemak, minyak kelapa juga kaya akan antioksidan dan vitamin E yang dapat membantu menyamarkan noda bekas luka bakar. Untuk penggunaannya, campurkan minyak kelapa dengan sedikit perasan lemon, kemudian oleskan pada bekas luka bakarsebanyak dua kali sehari.

4. Kunyit

Kandungan zat di dalam kunyit seperti kurkumin, bersifat anti radang dan anti bakteri yang berguna untuk menyamarkan noda bekas luka bakar. Saat digunakan, kunyit juga akan memberikan efek sejuk pada luka sehingga dapat mengurangi rasa sakit. Untuk menggunakaannya, parut satu ruas kunyit kemudian dicampurkan dengan satu sendok air. Setelah itu oleskan pada bekas luka bakar dan diamkan selama 15 menit. Ulangi pemakaian secara teratur setiap harinya agar penyembuhan bisa luka juga bisa lebih cepat.

Itulah beberapa bahan alami di sekitar kita yang dapat digunakan untuk menyembuhkan luka bakar pada kulit, semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading