Sukses

Lifestyle

7 Cara Menghindari Orang Suka Bergosip, Buat Hidupmu Lebih Tenang

Fimela.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari, sangat normal jika kita dipertemukan dengan orang yang suka bergosip. Entah di rumah atau di tempat kerja karena bagi sebagian orang, bergosip adalah hal yang menyenangkan.

Padahal bergosip tak hanya akan memberi dampak buruk pada subjek yang digosipkan, namun juga pada orang yang bergosip. Bergosip memang menyenangkan, bahkan membuat lupa waktu. Namun yang perlu diketahui tidak ada seorang pun yang suka dijadikan bahan gosip. Apalagi, nantinya bisa memengaruhi kesehatan mental.

Jadi, ada baiknya untuk segera menghilangkan kebiasaan bergosip ini. Bagaimana caranya? Yuk, tips di bawah ini.

Setiap Orang Memiliki Privasi

Membeberkan rahasia tentang kehidupan pribadi pasti akan membuat orang di sekeliling kita tahu lebih banyak dan berpotensi untuk membicarakannya. Kehidupan pribadi akan menjadi topik menarik untuk dibicarakan orang lain. Jadi ada baiknya untuk memiliki batasan privasi, kecuali pada keluaraga atau seseorang yang dikenal baik.

Tanyakan, Apa Pentingnya?

Hampir tidak ada yang akan memiliki jawaban yang meyakinkan untuk pertanyaan ini. Apa yang penting dari menggosipkan orang lain? Pasti dengan pertanyaan tersebut, seorang penggosip tak akan berani mengajakmu untuk membicarakan orang lain lagi.

Mengalihkan Pembicaraan

Jika Sahabat Fimela merasa tidak nyaman saat seseorang mengajak untuk bergosip maka usahakanlah untuk mengalihkan pembicaran. Alihkan pembicaraan ke arah yang positif atau sesuatu di luar topik yang digosipkan. Dengan begitu akan membuat orang tersebut menghentikan aktivitas bergosipnya.

Berusaha Terlihat Sibuk

Saat seseorang mengajakmu untuk bergosip maka usahakanlah untuk terlihat sibuk. Misalnya dengan membaca buku, bermain handphone, atau mengerjakan tugas lainnya. Dengan seperti itu mereka tak akan tertarik untuk mengajakmu bergosip.

Jangan Menanggapi

Seseorang yang ingin bergosip biasanya akan mengawali kalimatnya dengan semacam, “Kamu tahu tidak, kalau si A...? Jika hal tersebut membuat dirimu tidak nyaman, maka cukup untuk tidak menanggapinya, apalagi semakin memperparahnya dengan ikutan bergosip.

 

Abaikan Sebisa Mungkin

Sebisa mungkin lakukanlah sesuatu yang terlihat mengabaikan si penggosip, semisal dengan menunjukkan rasa ketidaktertarikan pada apa yang dibicarakan. Lempar senyum kepadanya dan tidak berkata apa-apa atau mengatakannya secara langsung bahwa dirimu tidak suka bergosip dan sebaiknya tinggalkan mereka.

Beri Tanggapan Sebaliknya

Seseorang yang gemar bergosip akan senang saat pendapatnya tentang sesuatu mendapatkan dukungan dari orang lain. Maka saat seseorang mengajakmu menggosipkan seseorang atau seseuatu, beri ia tanggapan sebaliknya dari apa yang dibicarakan atau katakan ketidaksetujuanmu. Hal ini akan membuatnya enggan mengajakmu bergosip.

Demikianlah beberapa tips untuk menghindari orang yang senang bergosip. Semoga kita dijauhkan dari orang-orang seperti itu, ya, Sahabat Fimela.

#ElevateWomen

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Istiah Zombie-ing dalam Sebuah Hubungan Percintaan
Artikel Selanjutnya
Tertarik Menjalani Bisnis Franchise? Simak 3 Kiat Suksesnya