Sukses

Lifestyle

4 Tips Mempersiapkan Perencanaan Pernikahan dengan Matang

Fimela.com, Jakarta Mencari tahu anggaran pernikahan bukanlah hal yang mudah. Pernikahanmu kemungkinan besar akan menjadi pesta terbesar yang pernah diselenggarakan. Untuk membuat anggaran, dirimu harus menghitung tabungan, membuat anggaran terperinci bisa membantumu tidak berlebihan selama proses perencanaan, mempersiapkan biaya yang tak terduga, serta melakukan pemotongan yang berarti jika dirimu memang melebihi anggaran total. Nah, meskipun terkadang sulit, beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu Sahabat Fimela dalam mempersiapkan anggaran pernikahan.

Cari Tahu Siapa yang Berkontribusi

Mungkin hanya dirimu dan pasanganmu yang berkontribusi dalam hal ini. Atau mungkin orang tua atau anggota keluarga lainnya ingin ikut serta. Apa pun masalahnya, mencari tahu siapa yang ingin berkontribusi pada pernikahan adalah langkah pertama yang baik dalam menghitung anggaran secara keseluruhan.

Cobalah untuk memastikan berapa banyak yang bersedia mengeluarkan dana dari pernikahan yang akan digelar. Ya, memang, percakapan uang bisa sangat canggung, tetapi mengetahui siapa kontributormu sangat penting untuk mengetahui keuntunganmu. Pastikan untuk mendekati percakapan ini dengan cara yang hormat.

Tentukan Budget

Setelah mengetahui siapa yang akan berkontribusi dalam perencanaan anggaran pernikahanmu, dirimu perlu menentukan besaran dana yang akan digunakan dalam perayaan pesta pernikahan. Ini bisa mencakup tabungan untuk menikah yang mungkin telah dirimu miliki sejak lama.

Perkirakan Jumlah Tamu

Sekarang setelah memiliki anggaran rata-rata, dirimu pasti menginginkan jumlah tamu. Biaya pernikahan cukup banyak berdasarkan jumlah tamu. Jumlah tamu yang hadir akan menentukan tidak hanya ukuran tempat acara, tetapi juga berapa banyak makanan yang harus disediakan. Bersikap strategis tentang siapa yang akan diundang adalah cara terbaik untuk mengurangi biaya pernikahan sejak awal.

Merencanakan Lokasi

Mulailah dengan memilih tempat karena itu adalah bagian terbesar dari pernikahan dan faktor utama untuk menentukan jumlah tamu undangan. Saat vendor memberimu beberapa pilihan tempat, tanyakan dan mintalah penjelasan apakah harga yang mereka tawarkan sudah termasuk pajak. Jika tidak lakukan perhitungan sendiri dengan tarif pajak setempat. Jangan pernah menghabiskan uang ini di muka, dirimu akan membutuhkan biaya lain selama proses perencanaan saat hal-hal tak terduga muncul.

Nah, berikut tadi beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam membuat anggaran pernikahan yang bisa sangat rumit.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading