Sukses

Lifestyle

5 Tips Sederhana untuk Menjaga Persahabatanmu agar Awet

Fimela.com, Jakarta Salah satu hal luar biasa di dunia adalah persahabatan. Sebuah penelitian di Australia menunjukkan bahwa jaringan sosial yang kuat dapat memperpanjang kelangsungan hidup seseorang. Pertemanan yang baik mampu meningkatkan vitalitas hidup seseorang daripada keluarga terdekat.

Namun, sebagaimana hubungan sosial lainnya, persahabatan juga tidak rentan dari konflik. Semakin dekat kita dengan seseorang, maka semakin berpotensi untuk memunculkan hal yang bersinggungan. Karena sebagian waktu yang dimiliki pasti banyak dihabiskan dengan orang tersebut.

Lalu bagaimana agar menjaga hubungan dengan sahabat agar tetap langeng dan harmonis? Yuk! Simak ulasan berikut ini.

Jujurlah pada Sahabatmu

Untuk mencapai persahabatan yang kokoh, dirimu dan sahabat harus jujur satu sama lain. Jujur bukan berarti haru selalu menceritakan segala hal kepada sahabatmu, tetapi lebih pada keterbukaan sikap. Jujur di sini adalah mampu mengutarakan apa yang dirasakan kepada sahabat, dan memberikan mereka rasa kepercayaan yang tinggi. Karena kepercayaan ialah hadiah paling istimewa dalam sebuah persahabatan.

Tidak ada cara untuk merasa lebih terhubung dengan sahabatmu selain membuka dirimu terhadap mereka. Sebagai contoh kecil, saat sahabatmu merasakan ada sesuatu yang berubah darimu, kemudian ia menyakan apa masalahmu. Maka jangan menutupi hal tersebut, utarakanlah apa yang dirimu rasakan. Sebab dengan begitu sahabatmu akan merasa sangat dihargai dan sebaliknya ia pun akan bersikap terbuka kepadamu.

Terimalah Kekurangan Sahabatmu

Jika dirimu mengenal seseorang dengan baik, maka dirimu juga akan mengetahui kelamahan dan kelebihannya. Jadi, dirimu tahu persis bagaimana cara memperlakukan sahabatmu. Perlakukanlah mereka dengan baik, saat mereka melakukan kesalahan jangan terburu-buru untuk bertindak dan harus memintanya untuk berubah, sebab tidak ada manusia yang sempurna. Saat dirimu mengetahui kelemahannya jangan membuat ia merasa bersalah dengan kelemahannya itu, tetapi bantu ia menjadi lebih baik atau tutupi kelaemahan yang ia miliki dari kelebihanmu.

Luangkan Waktumu

Tunjukkanlah keakrabanmu dengan sahabat dengan meluangkan waktumu untuk mereka. Ungkapkanlah rasa berterima kasih dan rasa kasih sayangmu kepada mereka. Terkadang, saking dekatnya seseorang dengan sahabatnya membuatnya lupa pada hal-hal sederhana, seperti menyempatkan untuk menelepon atau hanya menanyakan bagaimana kabar sahabatnya. Jangan lupa juga untuk selalu mengingat hari-hari spesial mereka, seperti hari ulang tahun dan sempatkan untuk menemuinya. Dengan begitu, sahabatmu akan benar-benar merasa dihargai dan merasa diprioritaskan.

Jangan Perhitungan

Dalam hubungan apa pun, dirimu tidak bisa memaksakan ekspektasi tertentu kepada orang lain, termasuk itu sahabatmu sendiri. Dan siapkanlah hati yang lapang saat mereka mungkin suatu saat akan membuatmu kecewa atau sakit hati, karena sahabatmu juga merupakan manusia biasa. Mungkin dalam persahabatan, dirimu merasa lebih aktif memberikan perhatian kepada sahabatmu, semisal memberinya bantuan atau hadiah. Saat dirimu melakukan itu, jangan pernah mengharapkan hal yang sama akan dilakukan oleh sahabatmu. Walaupun hubungan yang baik memang harus ada timbal balik, tetapi tidak selalu harus seratus persen sama. Karena dirimu tidak bisa selalu memaksakan kemampuan yang sama dengan sahabatmu.

Kurangi Ego

Saatdirimu merasa sudah sangat dekat dengan sahabatmu, dan mengetahui sifat-sifat buruk mereka. Jangan penah menyuruh mereka untuk berubah dan dirimu menjadi sinis terhadap mereka. Prinsip yang seharusnya dirimu pegang dalam menjalin persahabatan ialah, bukan untuk merubah sahabatmu menjadi baik, tetapi buatlah dirimu sebisa mungkin melakukan hal yang baik dan benar. Dan hal ini bisa kamu wujudkan dengan mengurangi ego dan meluaskan kasih sayang.

Percayalah bahwa orang yang baik akan selalu dikelilingi oleh orang yang baik pula, begitu juga dalam persahabatan, ia bisa menjadi cermin untuk melihat dirimu sendiri. Apakah Sahabat Fimela sudah menjadi sahabat yang baik?

#ElevateWomen

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Stres Selama WFH? Ini 5 Rekomendasi Lilin Aromaterapi agar Pikiran Rileks
Artikel Selanjutnya
Resep Ikan Mas Bakar Kecap Sederhana