Sukses

Lifestyle

Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh dan Keutamaannya

Fimela.com, Jakarta Puasa Ayyamul bidh merupakan salah satu puasa sunnah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Puasa Ayyamul bidh biasanya dilakukan pada hari ke 13, 14, dan 15 di bulan Hijriah.

Buat kamu yang ingin mengerjakan puasa Ayyamul Bidh, berikut bacaan doa niat puasanya:

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu Sauma Ayyaamal Bidh Sunnatan Lillaahi Ta'ala.

Artinya: "Saya niat puasa pada hari-hari putih, sunnah karena Allah ta'ala"

Puasa Ayyamul bidh juga memiliki beberapa keutamaan atau manfaat yang sangat baik. Berikut keutamaannya.

Mengikuti Sunnah Nabi

Puasa Ayyamul bidh merupakan puasa yang biasa dilakukan Nabi selama hidupnya. Puasa ayyamul bidh merupakan salah satu bentuk contoh sunnah Nabi.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, beliau bersabda:

“Kekasihku (yang merupakan Nabi shallallahu 'alahi wa sallam) meninggalkanku dengan tiga nasehat agar aku tidak meninggalkannya sampai aku meninggal: 1- puasa tiga hari setiap bulan, 2- shalat Duha, 3- shalat witir sebelum tidur . ” (Hadits Al-Bukhari no. 1178)

Mendapatkan Pahala yang Sama dengan Puasa Setahun

Puasa Ayyamul bidh tidak hanya mendapatkan pahala, tetapi juga pahala yang diperoleh sama dengan puasa selama setahun. Memang pahala yang terlalu besar bagi yang melakukannya.

Dari 'Abdullah bin' Amr bin Al 'Ash, Nabi shallallahu' alaihi wa sallam bersabda:

“Puasa tiga hari setiap bulan sama dengan puasa setahun.” (Hadits Al-Bukhari no. 1979)

Mendapatkan Dua Kebahagiaan

Orang yang melakukan puasa ayyamul bidh akan mendapatkan dua kebahagiaan seperti yang dijanjikan Allah. Dari Abu Hurairah yang mengatakan, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda:

“Setiap perbuatan Bani Adam berlipat ganda, satu kebaikan dengan sepuluh kebaikan sampai tujuh ratus kali lipat. Allah subhana hua ta'ala berkata, “Kecuali puasa, dia untuk Aku dan Akulah yang memberi pahala. Dia meninggalkan nafsu dan makanannya untuk Aku. " Orang yang berpuasa memiliki dua kebahagiaan. Bahagia saat berbuka waktu dan kebahagiaan saat bertemu Rabb. Memang bau mulut orang yang sedang puasa lebih harum disisi Allah dibanding minyak kasturi. ” (Hadits Abu Hurairah)

Mendapatkan Pintu Khusus di Surga

Orang yang suka berpuasa, termasuk puasa ayyamul bidh, akan mendapatkan pintu masuk khusus di surga. Mereka akan masuk surga melalui pintu yang hanya bisa dilalui oleh orang yang suka berpuasa.

Nabi Saw bersabda:

“Sesungguhnya di surga ada pintu yang disebut“ Ar Rayyan ”yang akan dimasuki oleh orang-orang yang sering berpuasa nanti di hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu kecuali orang yang suka berpuasa. Dikatakan: Siapa yang berpuasa? Kemudian mereka berdiri dan tidak akan masuk melalui pintu kecuali mereka, jika mereka sudah masuk, maka pintunya ditutup sehingga tidak ada yang masuk melalui itu lagi. ” (Hadits Al-Bukhari dan Muslim)

Mendapatkan Pengampunan

Puasa Ayyamul bidh tidak hanya memberikan pahala bagi yang melakukannya, tetapi juga semua dosa akan diampuni. Ini sesuai dengan janji Allah dalam Al-Qur'an,

“Sungguh pria dan wanita Muslim, pria dan wanita beriman, pria dan wanita yang taat, pria dan wanita yang benar (iman mereka), dan pria dan wanita yang sabar (ketaatan mereka), dan pria dan wanita yang khusyuk, dan pria dan wanita yang bersedekah, dan pria dan wanita yang berpuasa, dan pria dan wanita yang menjaga kehormatan (nafsu mereka), dan pria dan wanita yang banyak mengingat Allah, Allah telah mempersiapkan pengampunan dan pahala yang besar bagi mereka. " (Al-Ahzab: 35)

Itulah bacaan niat puasa ayyamul bidh dan keutamannya dalam Islam yang sangat baik dilakukan secara rutin. Semoga Sahabat Fimela termasuk orang yang sering melakukan sunnah Nabi ini dan berada dalam garis orang yang shalih. Aamiin.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading