Sukses

Lifestyle

Kisah Perjuangan Chloe Zhao sebelum Berhasil Menyabet Piala Golden Globes 2021

Fimela.com, Jakarta Bagi pecinta film asing, sosok Chloe Zhao tidak lagi asing. Namanya kerap kali muncul di beberapa film yang dia sutradari. Kini, namanya viral karena dia berhasil mencetak sejarah pada ajang Golden Globe Awards ke-78 yang diselenggarakan pada Minggu (28/2/21) lalu. Chloe menjadi perempuan Asia pertama yang berhasil menyabet piala dengan kategori Sutradara Terbaik ketika menyutradari Nomadland. 

Sementara, Chloe merupakan perempuan kedua yang berhasil membawa pulang piala tersebut setelah  Barbara Streisand memenangkannya di tahun 1984, sebagai sutradara Yentl!

Kemenangan Chloe ini memang dinilai luar biasa. Pasalnya, masuk nominasi Sutradara Terbaik saja sudah menuliskan sejarah baru di dunia perfilman internasional. Chloe merupakan salah satu dari 3 perempuan yang masuk nominasi Sutradara Terbaik tahun ini, bersama Regina King yang menyutradari “One Night in Miami" dan Emerald Fennell yang menyutradari “Promising Young Woman.”

CNBC menulis, Chloe yang kini berusia 38 tahun dan tumbuh di Beijing, Cina ini dulu bersekolah di sebuah sekolah asrama di London dan lulus SMA di LA, AS. Usai lulus dari Mount Holyoke College di Massachusetts, dia menghabiskan beberapa tahun waktunya untuk bekerja sebagai bartender. Dia juga sempat kerja serabutan. 

Hingga akhirnya dia memutuskan untuk mendaftarkan diri di sebuah sekolah perfilman di New York University. Setelah beberapa tahun kemudian, dia mengembagkan metode storytelling yang intim yang mengharuskannya masuk ke dalam komunitas baru dan mendapatkan kepercayaan dari orang-orang yang akan menjadi subjek filmnya. 

 

Jatuh Cinta dengan Perfilman

Kepada CNBC, Chloe mengaku dia jatuh cinta kepada perfilman. Pasalnya, film dan storytelling memberikan kesempatan pada banyak orang untuk tertawa dan menangis bersama. 

"Nah ini yang membuat saya jatuh cinta dengan pembuatan film dan juga berkisah. Karena ini memberikan kesempatan kepada orang untuk tertawa dan menangis bersama dan  ini memberikan kita sebuah kesempatan untuk belajar satu sama lain dan memiliki kasih sayang kepada sesama," jelasnya. 

Meskipun dia sukses dan dikenal lewat proyek yang lebih kecil dan dengan subjek yang tidak sering terlihat di layar, karya Chloe yang akan datang akan memiliki skala yang jauh lebih besar. Film selanjutnya yang akan dia garap adalah Eternals dari Marvels, yang dibintangi Angelina Jolie dan Salma Hayek, juga Dracula. 

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading